PAN Dorong Pertanian Modern Teknologi IoT dengan Sistem Vertikal

PAN sebagai partai yang konkret kerja nyata terus menebar manfaat kepada rakyat terutama sebagai profesi petani di Indonesia. Pasalnya, ada banyak manfaat yang didapat jika pertanian terus mengalami peningkatan.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Jul 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2023, 19:08 WIB
Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023).
Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023). (Liputan6.com/Elza Hayarana Sahira)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) mendorong pemerintah untuk bersama-sama meningkatkan pertanian di daerah Indonesia. Peningkatan ini menjadi salah satu perhatian PAN untuk mewujudkan peningkatan produksi tanaman pangan berkelanjutan.

Melalui calon anggota legislatif DPR RI PAN Dapil Jatim VI Reza Darmawan mengatakan, PAN mendorong pemerintah dapat memberikan dukungan yang lebih besar untuk pengembangan pertanian dengan cara yang modern sistem vertikal. Pertanian vertikal telah mengubah cara memproduksi tanaman secara efisien dan berkelanjutan.

"Kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat akan mempercepat perubahan menuju pertanian melalui program subsidi maupun kebijakan yang mendorong adopsi teknologi ini," kata Reza, Kamis (13/7/2023).

Pria yang akrab disapa RD ini menilai teknologi tersebut membantu mengurangi kerentanan pertanian terhadap perubahan iklim. PAN siap memberikan pelatihan maupun wawasan terkait teknologi modern untuk para petani dalam penerapan.

"Saya mewakili PAN memberikan pelatihan dan bantuan peralatan agar mereka dapat memanfaatkan teknologi irigasi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian," ujar Reza.

PAN sebagai partai yang konkret kerja nyata terus menebar manfaat kepada rakyat terutama sebagai profesi petani di Indonesia. Pasalnya, ada banyak manfaat yang didapat jika pertanian terus mengalami peningkatan.

“Saya banyak mendapat ilmu pertanian dari sejumlah pakar dan ahli tentang penggunaan sensor tanah dan teknologi internet of things (IoT) untuk memantau kondisi tanaman secara real-time. Data yang dikumpulkan dapat membantu petani mengoptimalkan nutrisi dan perawatan tanaman,” ungkap Reza.

Adapun manfaatnya seperti pertumbuhan ekonomi, penyedia bahan pangan untuk ketahanan pangan masyarakat, sebagai instrumen pengentasan kemiskinan, dan penyedia lapangan kerja. Untuk itu, PAN mendorong pemerintah di bidang pertanian agar memberi manfaat besar bagi negara.


PAN Konsisten Bantu Rakyat

Kerja nyata Partai Amanat Nasional (PAN) dalam membantu rakyat mampu menciptakan dampak elektoral sangat signifikan. PAN begitu konsisten mendapat banyak dukungan khususnya dari para pemilih muda untuk Pemilu 2024.

"Kader-kader PAN selama ini banyak membantu rakyat," kata kata Koordinator Relawan Sahabat PAN Dapil Jakarta I, Fadli Anugerah, Selasa (4/7/2023).

Dia menuturkan terdapat beragam program dan kerja nyata dari kader terutama Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan yang sangat efektif untuk membantu masyarakat. Mulai dari menstabilkan harga kebutuhan pokok hingga sukses menggagas gerakan pangan murah dalam skala nasional.

"Kita lihat bagaimana gerak cepat beliau (Zulkifli Hasan) dalam membantu rakyat dalam kapasitasnya sebagai Menteri Perdagangan. Menstabilkan harga minyak goreng, harga-harga kebutuhan pokok," ucapnya.

Lebih lanjut dia menyebut bahwa gerakannya mendukung PAN merupakan bentuk kepedulian anak muda dalam berpolitik. Menurutnya, anak muda sebagai generasi penerus sudah seharusnya terjun langsung ke dalam politik untuk mengubah keadaan bangsa lebih baik.

Terlebih, berdasarkan data KPU, sekitar 60 persen dari seluruh pemilih pada Pemilu 2024 adalah generasi muda. Hal tersebut menunjukkan bahwa anak muda sudah mulai menentukan arah masa depan bangsa.

“Sebagai kaum penerus peradaban, sudah sepatutnya kita generasi muda menguatkan tekad untuk sama-sama berjuang dengan PAN dalam mewujudkan Indonesia yang sejahtera,” ungkapnya.

Infografis  Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya