Dibuat Dalam Semalam, Lukisan SBY Ini Dilelang dan Laku Rp 510 Juta

Lukisan SBY yang dilelang berjudul "Kabut Pagi di Dusun Sunyi". Lelang dibuka dengan harga Rp 100 juta.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 25 Agu 2023, 10:40 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2023, 10:40 WIB
Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melelang lukisannya di acara Merajut Persatuan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis, (24/8/2023).
Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melelang lukisannya di acara Merajut Persatuan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis, (24/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melelang lukisannya di acara Merajut Persatuan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis, (24/8/2023).

Dari hasil lelang itu, lukisan SBY laku Rp 510 juta. Lukisan SBY yang dilelang berjudul "Kabut Pagi di Dusun Sunyi". Lelang dibuka dengan harga Rp 100 juta.

Lukisan berukuran 90x60 cm itu dibuat dengan cat akrilik di atas kanvas. Lukisan itu dibuat SBY hanya dalam semalam. 

"Saya mulai kemarin, selesai tadi pagi," kata SBY.

Ketua majelis tinggi Demokrat ini mengatakan, lukisan itu menggambarkan suasana pedesaan yang berkabut, tapi tetap indah. Menggambarkan keindahan alam yang banyak sekali di Indonesia.

"Inilah salah satu keindahan alam ciptaan Tuhan, banyak sekali di negeri kita. Kalau manusia, masyarakat, mencintai perdamaian, keindahan, kerukunan itu bagus. Jadi melalui lukisan pun kita bisa memberikan andil untuk menciptakan kehidupan masyarakat di negeri yang kita cintai ini agar menjadi masyarakat yang baik," jelas SBY.

Dalam lelang tersebut, lukisan SBY itu diperebutkan oleh Anggota Majelis Tinggi Demokrat dan Wakil Ketua MPR RI Syariefuddin Hasan, caleg Demokrat Rinto Subekti dan seseorang bernama Miftah Sobri.

Pelelangan berjalan dengan ketat ketika sampai angka Rp400 juta. Rinto menawar di angka Rp450 juta yang kemudian dibalas Miftah di harga Rp475 juta sampai berlanjut di angka Rp500 juta.

Akhirnya, Syarief Hasan mengajukan harga Rp510 juga. Akhirnya tidak ada lagi yang menawarkan lebih tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Akan Disumbangkan

Terpisah, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan, hasil pelelangan hari ini diharapkan bakal bermanfaat untuk Jogja Disability Arts.

"Mudah-mudahan para pelukis dapat terus berkarya dan terus mengisi ruang estetika di Indonesia ini," ujar AHY.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka

Infografis Mimpi SBY Naik Kereta Bersama Jokowi dan Megawati. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Mimpi SBY Naik Kereta Bersama Jokowi dan Megawati. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya