Deklarasi Ganjar-Mahfud Tidak Dihadiri Jokowi

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo.

oleh Aries Setiawan diperbarui 18 Des 2023, 13:50 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2023, 11:09 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menandatangi sebuah perjanjian dalam kunjungannya mendampingi Presiden Jokowi ke China
Menteri BUMN Erick Thohir menandatangi sebuah perjanjian dalam kunjungannya mendampingi Presiden Jokowi ke China (dok: @arya.m.sinulingga)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo.

"Saya dengan mantap mengambil keputusan untuk bangsa dan negara dengan mengucapkan bismillah, maka cawapres yang dipilih oleh PDIP yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Mahfud Md," ujar Megawati di DPP PDIP, Jakarta, Rabu, (18/10/2023).

Megawati Soekarnoputri mengumumkan bakal cawapres ini bersama Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang serta seluruh Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo. Hadir juga Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Muhammad Prananda Prabowo serta elite PDIP lainnya.

Namun, ada yang kurang dari deklarasi Ganjar-Mahfud. Tidak ada Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang merupakan kader PDIP.

Jokowi tidak bisa menghadiri deklarasi Ganjar-Mahfud lantaran sedang berada di Tiongkok dalam rangkaian kunjungan kerja.

Berdasarkan keterangan resmi Setpres, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana melanjutkan rangkaian kunjungan kerja hari ketiganya di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Kegiatan pertama yang akan dilaksanakan oleh Jokowi adalah menghadiri Upacara Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-3 Belt Road Forum (BRF) di Great Hall of The People, Beijing.

Setelah itu, masih di lokasi yang sama, Presiden Jokowi akan bertemu dan menghadiri jamuan makan siang bersama Chairman of the National People’s Congress.

Sementara itu, Ibu Iriana akan ikut serta dalam rangkaian program pendamping KTT ke-3 BRF mengunjungi China National Arts and Craft Museum untuk melihat kesenian dan kerajinan tangan RRT.

Pada sore harinya, Presiden Jokowi akan menghadiri High-Level Forum and Thematic Forum Event: Connectivity in an Open Global Economy yang akan diselenggarakan di China National Convention Center, Beijing.

Setelahnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya dengan bertolak ke Riyadh, Kerajaan Arab Saudi dari Beijing Capital International Airport.

Simak Visi Misi Ganjar Mahfud di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ganjar-Mahfud akan Daftar ke KPU Kamis 19 Oktober 2023

Momen Akrab Mahfud Md Ngopi Bareng Ganjar Pranowo
Momen akrab Menko Polhukam Mahfud Md ngopi bareng bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram Ganjar Pranowo)

Bakal capres Ganjar Pranowo dan bakal cawapresnya akan mendaftarkan diri sebagai paslon capres-cawapres, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Kamis (19/10/2023).

Informasi tersebut dibenarkan oleh Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat.

"Benar (tanggal 19)," kata Djarot saat dikonfirmasi, Rabu (18/9/2023).

Sementara terkait waktu atau jam pasti Ganjar dan TPN akan ke KPU, Politikus PDIP Andreas Pareira menyatakan akan dikoordinasikan dengan KPU usai deklarasi cawapres pagi ini.

"Nanti setelah deklarasi, kita koordinasi dengan KPU untuk waktu yang tepat," kata Andreas.

Infografis Muncul Usulan Gibran Jadi Cawapres Pendamping Prabowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Muncul Usulan Gibran Jadi Cawapres Pendamping Prabowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya