4 Anak yang Tewas Dibunuh Ayah di Jagakarsa Dimakamkan di Depok

Polres Metro Jakarta Selatan bersama keluarga korban memakamkan empat anak yang menjadi korban pembunuhan ayah kandungnya dimakamkan di TPU Bedahan, Sawangan, Kota Depok.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 10 Des 2023, 20:57 WIB
Diterbitkan 10 Des 2023, 20:56 WIB
Pemakaman 4 anak yang tewas di Jagakarsa.
Ibu korban didampingi keluarganya saat mengikuti pemakaman 4 anak yang tewas dibunuh ayahnya, di TPU Bedahan, Sawangan, Kota Depok, Minggu (10/12/2023). (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Jakarta Selatan bersama keluarga korban telah memakamkan empat anak yang menjadi korban pembunuhan ayah kandungnya dimakamkan di TPU Bedahan, Sawangan, Kota Depok. Empat anak berinisial AS (1), AR (3), SP (4), dan VA (6) ditemukan tewas di sebuah kontrakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Bintoro mengatakan, ke empat anak yang menjadi korban telah dimakamkan di TPU Bedahan, Sawangan, Kota Depok. Ibu 4 anak tewas di Jagakarsa yakni D, bersama keluarga turut menghadiri pemakaman.

"Istri atau ibu korban, Alhamdulillah hari ini bisa juga hadir sama-sama dalam rangka pemakaman para korban," ujar Bintoro kepada Liputan6.com, Minggu (10/12/2023).

Dia menjelaskan, kondisi fisik ibu korban telah membaik dan dapat menghadiri pemakaman empat anaknya. Begitupun dengan kondisi tersangka P, telah dinyatakan membaik.

"Kalau untuk tersangka sudah membaik," jelas Bintoro.

Polres Metro Jakarta Selatan akan melaksanakan pemeriksaan tes kejiwaan terhadap tersangka. Pemeriksaan tersebut untuk mengetahui peran dan motif yang tersangka lakukan terhadap tindak pidana pembunuhan yang terjadi di daerah kebagusan Jakarta Selatan.

"Hari ini kami berhasil untuk meminta keterangan dari ibu D selaku ibu dari empat korban ini," ucap Bintoro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bantuan Psikologis Keluarga Korban

Pemakaman 4 anak yang tewas di Jagakarsa.
Ibu korban didampingi keluarganya saat mengikuti pemakaman 4 anak yang tewas dibunuh ayahnya, di TPU Bedahan, Sawangan, Kota Depok, Minggu (10/12/2023). (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Polres Metro Jakarta Selatan bersama stakeholder lainnya, serta dukungan dari Kementerian Perlindungan perempuan dan anak turut membantu psikologis keluarga korban. Tidak hanya itu, Polres Metro Jakarta Selatan mendapatkan dukungan dari psikiater lainnya.

"Bahkan kami didukung oleh psikiater dan ahli kedokteran forensik," terang Bintoro.

Kondisi D, ibu 4 bocah yang tewas akibat dibunuh ayah kandungnya, mulai baik. D dirawat di Rumah Sakit Daerah Pasar Minggu akibat menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga suaminya, Panca Darmansyah (40), ayah 4 bocah tewas di Jagakarsa.

Panca telah ditetapkan menjadi tersangka pembunuhan empat anaknya oleh polisi. Setelah mendapatkan perawatan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu.

"Kondisi istri sudah berangsur membaik," kata Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Henrikus Yossi, Minggu (10/12/2013).


Ibu Korban Belum Bisa Dimintai Keterangan

4 Bocah di Jagakarsa Tewas Mengenaskan
Saat ini jenazah keempat bocah telah dievakuasi ke RS Polri Kramatjati guna dilakukan autopsi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Namun, meski sudah membaik secara fisik, secara mental D belum bisa dimintai keterangan. Pendampingan oleh Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) pun masih dilakukan.

"Tapi tetap masih dirawat di RS dan masih didampingi juga oleh pendamping dari UPT P3A," ungkap Henrikus. 

 

Infografis tingkat kriminalitas indonesia
Aksi penganiayaan terus bertambah (liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya