Bukti Konsisten Jalankan Transisi Energi, Pertamina Borong Lima Penghargaan!

PT Pertamina (Persero) berhasil meraih lima penghargaan dalam ajang CNBC Indonesia Awards 2023.

oleh Fachri pada 14 Des 2023, 12:35 WIB
Diperbarui 14 Des 2023, 12:34 WIB
Pertamina.
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati beserta Direktur Subholding Pertamina memperoleh Penghargaan CNBC Indonesia Award 2023 di Ballroom Westin, rabu (13/12). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) berhasil meraih lima penghargaan dalam ajang CNBC Indonesia Awards 2023. Pertama, Pertamina sebagai holding company meraih penghargaan Most Compliance Company in GCG Principle (GCG Award).

“Penghargaan yang pertama adalah sebagai Most Compliance Company in GCG Principle (GCG Award) dan ini sangat penting bagi Pertamina. Pertamina mengelola pendapatan sebesar Rp1.338 triliun pertahun, jadi GCG ini wujud amanah kami dalam menjalankan ini,” ujar Nicke.

Melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Subholding Power & New Renewable Energy (PNRE), Pertamina sukses meraih penghargaan Best Value Creation in Geothermal Business Energy.

"Sebagai negara yang kaya akan sumber daya panas bumi, hal ini penting dalam upaya transisi energi. Sama halnya pula dengan biofuel yang dikembangkan oleh PT KPI Subholding R&P, sebagai upaya untuk mandiri secara energi," ucap Nicke.

“Karena dengan mencampur 35% dalam diesel bioenergi, maka kita bisa menghemat neraca perdagangan kita yang selama ini impor, kita kurangi sebesar Rp122 triliun per tahun," jelasnya.

Nicke menyebut, hal itu bisa menurunkan emisi 28 juta tonCO2 emision per tahun. Ia menegaskan, dampak bagi neraca perdagangan indonesia dan juga emisi sangat besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penghargaan Lainnya

Nicke.
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mendapatkan Penghargaan Most Influential Woman In Energy Transition dalam acara Penghargaan CNBC Indonesia Award 2023 di Ballroom Westin, Rabu (13/12). (Foto: Istimewa)

Pertamina melalui PT Pertamina International Shipping (PIS) Subholding Integrated Marine Logistics (IML) mendapatkan pengahrgaan sebagai Most Leading Shipping Company in Global Business Expansion.

"Apresiasi juga diberikan kepada PT PIS Subholding IML yang telah berhasil menambah 50 jalur internasional," sebut Nicke.

Selain itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati juga berhasil meraih penghargaan The Most Influential Woman In Energy Transition.

"Sebagai perempuan saya mau kasih semangat, bahwa di male dominated industry, perempuan juga bisa jadi pemimpin, banyak enginner perempuan berprestasi," ungkapnya.

"Penghargaan ini juga ditujukan untuk perwira dan manajemen Pertamina yang mau dipimpin oleh perempuan," imbuh Nicke.

Dirinya pun bersyukur memiliki jajaran yang luar biasa karena Pertamina menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia masuk global fortune 500 serta mendapatkan penghargaan nomor satu secara dunia terkait ESG performance dalam kategori integrated oil and gas company.

“Artinya dengan penghargaan ini kita sepertinya sudah di dalam track yang benar, tinggal kita akselerasi semuanya untuk lebih mempercepat lagi seluruh transisi energi dan juga memberikan dampak yang lebih besar lagi,” ucap Nicke.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya