Jokowi: MRT Fase 2A Bundaran HI-Kota Berfungsi pada Tahun 2027

Presiden Joko Widodo menargetkan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta fase 2A rute Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Kota dapat berfungsi pada tahun 2027.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 15 Des 2023, 16:17 WIB
Diterbitkan 15 Des 2023, 16:00 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan Terminal Baru Bandara Mopah di Kabupaten Merauke, Papua. (Dok Kemenhub)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan Terminal Baru Bandara Mopah di Kabupaten Merauke, Papua. (Dok Kemenhub)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo  menargetkan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta fase 2A rute Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Kota dapat berfungsi pada tahun 2027.

Jokowi mengatakan proyek MRT bukan merupakan pekerjaan mudah karena harus dikerjakan di tengah keramaian Jakarta.

"Berfungsi kita harapkan nanti di 2027. Ini pekerjaan yang tidak mudah karena harus bekerja di dalam keramaian Jakarta juga yang di bawah waktu membuat tunnel terowongannya juga bukan sesuatu yang gampang, tapi progresnya sudah di atas target," jelas Jokowi usai meninjau MRT Jakarta fase 2A di Stasiun MRT Monas, Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Dia menilai pembangunan MRT fase 2A sudah mencapai 28,4  persen.

Jokowi menyebut capaian tersebut sudah melampaui target yang dicanangkan.

"Jadi untuk fase 2A dari Bundaran HI menuju ke Kota dari target perencanaan 27 persen sekarang sudah mencapai 28,4 persen, lebih dari target, saya kira bagus," ujarnya.

Saat meninjau proyek MRT tersebut, Jokowi juga melihat terowongan dari Monas menuju Bundaran HI.

Setelah fase 2A rampung, berikutnya proyek akan dilanjutkan dengan fase 2B dari Kota menuju Ancol.

"Tinggal nanti diteruskan ke yang fase 2B dari Kota ke Ancol," tutur Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masih Dalam Proses

Sementara itu, terkait dengan rencana pembangunan MRT dari timur ke barat, Jokowi menyebut bahwa semuanya masih dalam proses dan akan segera diputuskan.

Menurut dia, keputusan akan diambil pemerintah setelah melakukan perhitungan dan studi.

"Kalau hitung-hitungan, kalau kalkulasi studinya sudah rampung semua, langsung kita putuskan. Karena memang Jakarta membutuhkan transportasi massa yang terintegrasi bukan sendiri-sendiri," pungkas Jokowi.


Mencapai 28,4 Persen

Jokowi mengatakan pembangunan MRT Fase 2A sudah mencapai 28,4 persen atau lebih dari yang ditargetkannya.

"Ya baik, jadi untuk Fase 2A dari Bundaran HI menuju ke kota dari target perencanaan 27 persen, sekarang sudah mencapai 28,4 persen, lebih dari target saya kira bagus," kata Jokowi usai meninjau.

Menurut dia, pembangunan terowongan MRT fase 2A sudah selesai. Jokowi mengatakan pembangunan MRT akan diteruskan ke fase 2B dengan rute kawasan Kota ke Ancol, Jakarta Utara.

Jokowi menargetkan pembangunan MRT fase 2 keseluruhan rute Bunbdaran HI-Ancol bisa berfungsi pada tahun 2027. Pasalnya, kata dia, tak mudah membangun MRT ditengah keramaian Jakarta.

"Berfungsi kita harapkan nanti di 2027 ini pekerjaan yang tidak mudah karena harus bekerja di dalam keramaian Jakarta juga yang di bawah waktu membuat tunnel terowongannya juga bukan sesuatu yang gampang, memang ya progresnya sudah di atas target," tutur Jokowi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya