8 Ucapan Duka Cita dari Para Tokoh Mulai Buruh hingga Jokowi Terkait Rizal Ramli Meninggal Dunia

Ekonom sekaligus Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian serta Menteri Keuangan Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa malam 2 Januari 2024 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 03 Jan 2024, 14:45 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2024, 14:45 WIB
Ekonom sekaligus Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian serta Menteri Keuangan Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa malam 2 Januari 2024 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.
Ekonom sekaligus Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian serta Menteri Keuangan Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa malam 2 Januari 2024 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama).

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom sekaligus Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian serta Menteri Keuangan Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa malam 2 Januari 2024 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Sejumlah ucapan duka cita pun mengalir dari para tokoh. Salah satunya Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan. Anies mengaku telah mengenal Rizal Ramli dari lama.

Hal ini disampaikan Anies saat tiba di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada Rabu (3/1/2024). Dia melanjutkan kampanye di tanah Minang yang juga merupakan tempat kelahiran Rizal Ramli.

"Wafatnya Bapak Rizal Ramli tadi malam dan saya berada di Minang menyampaikan rasa duka cita salah seorang putra dari tanah ini yang menjadi pejuang," kata Anies kepada wartawan di Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat, Rabu (3/1/2024).

Anies menyampaikan, kenal Rizal Ramli sejak zaman kuliah. Kala itu, Anies mengaku sering meminta dukungan ke Rizal Ramli terkait kegiatan mahasiswa.

Selain itu, Menteri BUMN Erick Thohir juga turut berduka atas meninggalnya ekonom senior Rizal Ramli. Dia pun memberikan kesan baik sepenunggalan ekonom tersebut.

Erick Thohir menyampaikan rasa dukanya melalui unggahan di Instagram pribadinya @erickthohir. Dia mengunggah satu foto Rizal Ramli dengan nuansa hitam putih.

"Innalillahi wa innailaihi raji’un. Turut berduka atas meninggalnya Dr.Rizal Ramli," tulis Erick, dikutip Rabu (3/1/2024).

Erick mengaku kerap mendapat pesan dari sosok Rizal Ramli. Tak cuma itu, Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini juga menyebut banyak belajar dari sosok senior itu.

"Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih atas segala pesan dan nasihat yang disampaikan almarhum semasa hidup. Sungguh banyak belajar dari beliau," ungkap Erick.

Berikut sederet ucapan duka cita atas berita Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa malam 2 Januari 2024 di RSCM Jakarta dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Buruh Kehilangan Sosok Pejuang Sejati

Ekonom senior Dr. Ir. Rizal Ramli, M.A.  (Dok Istimewa)
Ekonom senior Dr. Ir. Rizal Ramli, M.A. (Dok Istimewa)

Rizal Ramli meninggal dunia. Rizal Ramli merupakan Ekonom sekaligus Mantan menteri di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur),

Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, serta Menteri Keuangan ini menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Rizal Ramli meninggal di usianya yang ke-69 tahun pada Selasa 2 Januari 2024.

Banyak pihak menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Rizal Ramli, salah satunya dari kalangan buruh. Ungkapan duka cita dan belasungkawa diungkapkan Presiden KSPI Said Iqbal. Di mata buruh, Rizal Ramli merupakan sosok pejuang sejati.

"Pejuang sejati yang tak lekang oleh hujan tak terhapus oleh panas..Negarawan sejati... Hati dan pikirannya selalu diletakan didalam hati rakyat indonesia," tutur dia.

"Seorang merah putih sejati, baik didalam maupun diluar pemerintahan..Partai Buruh berduka untuk nya.. Indonesia bersedih kehilangan putra terbaiknya," tutup Said Iqbal.

 


2. Anies Sebut Rizal Ramli Pribadi yang Konsisten Lawan Korupsi-Feodalisme

Pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) kampanye di sejumlah daerah di Jawa Tengah
Pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) kampanye di sejumlah daerah di Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023). (Merdeka.com/ Bachtiarudin Alam)

Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan mengenang sosok Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli yang wafat pada Selasa, 2 Januari 2024. Anies mengaku telah mengenal Rizal Ramli dari lama.

Hal ini disampaikan Anies saat tiba di Padang, Sumatera Barat pada Rabu (3/1/2024). Dia melanjutkan kampanye di tanah Minang yang juga merupakan tempat kelahiran Rizal Ramli.

"Wafatnya Bapak Rizal Ramli tadi malam dan saya berada di Minang menyampaikan rasa duka cita salah seorang putra dari tanah ini yang menjadi pejuang," kata Anies kepada wartawan di Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat, Rabu (3/1/2024).

Anies menyampaikan, kenal Rizal Ramli sejak zaman kuliah. Kala itu, Anies sering meminta dukungan ke Rizal Ramli terkait kegiatan mahasiswa.

"Saya sendiri kenal Bang Rizal Ramli sejak zaman kuliah, dulu kalau saya ada kegiatan mahasiswa sering datang ke Jakarta meminta dukungan dari Bang Rizal, data data, informasi dan selalu beliau berikan saya zaman kuliah," ucap Anies.

Anies mengenang sosok Rizal Ramli sebagai figur yang konsisten terhadap demokrasi. Menurut Anies, hal tersebut ditunjukkan Rizal Ramli lewat sikap konsistennya melawan korupsi hingga feodalisme di tanah air.

"(Rizal Ramli) ini adalah satu pribadi yang konsisten memperjuangkan demokrasi dan konsisten melawan korupsi, konsisten melawan feodalisme, nepotisme, dan tidak pernah kompromi sedikit pun," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai Rizal Ramli sebagai salah satu putra gemilang yang dimiliki oleh Indonesia. Dia mendoakan Rizal Ramli diberikan tempat terbaik oleh Allah SWT.

"InsyaAllah beliau ditempatkan di tempat yang mulia dan InsyaAllah seluruh kebaikannya jadi amal jariah," tandas Anies.

 


3. Khofifah Ikut Berduka Atas Meninggalnya Rizal Ramli

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan duka cita atas meninggalnya Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli.

"Bangsa Indonesia kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya, Ekonom yang juga Mantan Menko Kemaritiman Bapak Rizal Ramli, Selasa 2 Januari 2024. Beliau adalah sosok politisi yang cerdas, kritis, punya pendirian kuat dan tegas," tulis Khofifah di akun Instagramnya, dikutip Rabu (3/1/2023).

Khofifah menyatakan, atas nama pribadi dan masyarakat Jawa Timur, dia menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya Rizal Ramli.

"Semoga beliau dipanggil dalam keadaan husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, dilapangkan kuburnya, diampuni hilafnya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran. Aamiin ya robbal alamin," ucapnya.

Ekonom yang juga Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan juga mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa malam di Jakarta. Hal tersebut disampaikan kerabat Rizal Ramli, aktivis Adhi Massardi, saat dihubungi, Selasa.

"Iya benar kabarnya dari teman, setengah jam yang lalu," kata Adhie.

Menurut Adhie, Rizal sudah dirawat sekitar satu bulan di rumah sakit. Rizal, kata Adhie, terakhir kali muncul di depan publik saat menghadiri ulang tahun Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan.

"Dua bulan yang lalu, saat makan malam, terakhir beliau muncul di publik saat ulang tahun Pak LBP," ujarnya.

 


4. Sandiaga Uno Kenang Sosok Rizal Ramli

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno datang melayat mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli di rumah duka Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan. (Foto: Merdeka.com/Rahmat Baihaqi).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno datang melayat mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli di rumah duka Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan.

Ia menyebut sosok Rizal Ramli memiliki cara berfikir yang tidak biasa untuk pembangunan bangsa.

"Beliau berjuang dari pemikiran yang visioner, kadang-kadang juga pemikiran beliau ini berbeda dengan mainstream. Jadi selalu menimbulkan diskursus yang baik. Tapi niatnya tulus untuk bangsa Indonesia," kata Sandiaga di rumah duka Rizal, Rabu (3/1/2023).

Sandiaga pun mengenang ketika dirinya pernah bersama-sama menjabat Asprindo bersama Rizal. Ia mengungkapkan kala itu dirinya bersama Rizal memperjuangkan para pengusaha yang ada di Indonesia untuk menggapai Indonesia emas 2045.

"Kami sama sama di Asprindo, di asosiasi pengusaha pribumi indonesia memperjuangkan bagaimana pengusaha-pengusaha nasional ini bisa mengambil peran besar dalam pembangunan indonesia khususnya untuk pencapaian indonesia emas 2045," ungkap dia.

Tidak hanya itu, pada saat Sandi bertanding di Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, ia juga pernah diingatkan perihal reklamasi harus berdampak positif bagi masyarakat.

"Jadi waktu saya berjuang saat di 2017 dia mengingatkan bagaimana reklamasi nanti itu harus memberikan dampak yang positif bagi rakyat kecil," kenang Sandiaga.

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu juga mengaku acap kali berkomunikasi dengan Rizal. Hanya saja pada saat pertengahan tahun mulai jarang berkomunikasi.

Namun belakangan ia baru mengetahui, Rizal tengah dirawat dan telah menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (2/1/2023) di RSCM.

"Biasanya dia sangat rajin gitu, posting-posting. Ternyata beliau sudah dirawat mulai bulan November. Dan setelah berjuang dua bulan, beliau nggak mau merepotkan, jadi nggak memberi kabar. Jadi kita juga sepertinya memang beliau tidak ingin ditengok. Dan tidak ingin merepotkan banyak orang. Saya salut sama pendirian dan komitmen beliau untuk Indonesia dan merah putih," tutupnya.

 


5. Mahfud MD Kenang Sebagai Sahabat Seperjuangan

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud Md
Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud Md menyapa masyarakat melalui Live TikTok dan Instagram. (Foto: Istimewa).

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD menyampaikan rasa duka citanya atas berpulangnya mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Dia mengenang, sosok Rizal Ramli adalah sahabat seperjuangan baginya dalam setiap kondisi.

"Sahabat baik saya DR. RIZAL RAMLI telah wafat, saya ikut berdukacita yang mendalam, sahabat seperjuangan yang bisa saling mendukung atau pun saling mengritik," tulis Mahfud lewat cuitannya pada akun media sosial X, Rabu (3/1/2024).

Mahfud pun berdoa, agar almarhum Rizal Ramli bisa diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa dan atas segala perbuatan di dunia mendapat ganjaran surga.

"Semoga almarhum mendapat surga-Nya. Mas Rizal, damailah di sisi-Nya," doa Mahfud.

 


6. Sosok Rizal Ramli di Mata Erick Thohir, Menkeu Sri Mulyani hingga Menko Luhut

Ekonom senior Dr. Ir. Rizal Ramli, M.A. (Dok Istimewa)
Ekonom senior Dr. Ir. Rizal Ramli, M.A. (Dok Istimewa)

Menteri BUMN Erick Thohir turut berduka atas meninggalnya ekonom senior Rizal Ramli. Dia pun memberikan kesan baik sepenunggalan ekonom tersebut.

Erick Thohir menyampaikan rasa dukanya melalui unggahan di Instagram pribadinya @erickthohir. Dia mengunggah satu foto Rizal Ramli dengan nuansa hitam putih.

"Innalillahi wa innailaihi raji’un. Turut berduka atas meninggalnya Dr.Rizal Ramli," tulis Erick, dikutip Rabu (3/1/2024).

Erick mengaku kerap mendapat pesan dari sosok Rizal Ramli. Tak cuma itu, Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini juga menyebut banyak belajar dari sosok senior itu.

"Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih atas segala pesan dan nasihat yang disampaikan almarhum semasa hidup. Sungguh banyak belajar dari beliau," ungkap Erick.

Usai mengisahkan sedikit kesan baik, Erick turut melayangkan doa untuk almarhum Rizal Ramli.

"Semoga Allah menerima segala amal ibadah almarhum dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan iman," pungkas Menteri BUMN.

Kemudian, Menteri Keuangan Sri Mulyani turut menyampaikan duka cita atas meninggalnya Mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya sekaligus mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri Rizal Ramli.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun…Turut berduka cita atas berpulangnya Dr.Ir. Rizal Ramli, M.A (rizalramli.official). Selamat beristirahat di sisi terbaik Allah SWT, Bapak. Semoga segala amal baik dan pengabdian Bapak untuk @kemenkeuri dan Indonesia mendapat pahala, InshaAllah husnul khotimah, serta keluarga yang ditinggalkan juga senantiasa diberi kesabaran dan ketabahan. Al-fatihah,” tulis Sri Mulyani dikutip dari akun instagram @smindrawati, Rabu (3/1/2023).

Demikian juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan belasungkawa.

"Turut berduka cita atas wafatnya Prof.Dr.Ir.H. Rizal Ramli, MA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia (2015-2016)," dalam unggahan Menko Luhut di akun instagram resmi @luhut.pandjaitan.

 


7. Jusuf Kalla hingga KSP Moeldoko

Rizal Ramli
Ekonom senior Rizal Ramli menyampaikan kritikan kepada Capres Nomor Urut 01 mengenai pidatonya kemarin di Tebet, Jakarta, Senin (25/2). Rizal menyebut pidato Jokowi kurang jujur karena tak mengakui kegagalan pemerintahannya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla mengungkap kenang-kenangan akan dirinya bersama dengan Mantan Koodinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Manusia, Rizal Ramli.

Saat itu dirinya acap kali beberapa pendapat dalam pemerintahan. Hal itu diucapkan pria yang akrab disapa JK itu saat berkunjung ke rumah duka Rizal Ramli di Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan.

"Selama pemerintahan, walaupun saya sering berbeda pendapat dan tajam, tapi kita tetap bersahabat. Kadang-kadang bertentangan, tapi beliau menerima itu dan saya menerima itu," kata JK kepada awak media, Rabu (3/1/2023).

Tidak hanya itu, Rizal Ramli juga sempat menggantikan posisi JK di Badan Urusan Logistik (BULOG). Pada saat itu pun keduanya juga sering bertukar pikiran.

"Beliau pernah mengganti saya sebagai ketua Bulog. Kita selalu diskusi soal pangan dan juga selama waktu pemerintahan," ucapnya.

Menurut dia, sosok Rizal Ramli dikenangnya sebagai aktivis juga seorang pemikir yang kritis.

Tidak hanya itu, menurutnya Rizal Ramli juga sebagai sosok yang berani atas pemikirannya itu sendiri.

"Beliau ini seorang pemikir dan juga aktivis. Dia mengambil upaya berdasarkan pemikiran-pemikirannya dan dia konsekuen selama puluhan tahun," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli.

Moeldoko mengenang sosok Rizal Ramli sebagai teman dekat yang menyenangkan untuk berdiskusi dan tukar pandangan.

"Saya secara pribadi mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya sahabat saya Bapak Rizal Ramli, semoga Almarhum masuk Surga," kata Moeldoko kepada wartawan, Rabu (3/1/2024).

"Beliau adalah temen dekat saya yang menyenangkan dalam diskusi dan tukar pandangan," sambungnya.

Menurut dia, Rizal Ramli merupakan sosok yang kritis apabila sedang menyampaikan padangan. Kendati begitu, Moeldoko menganggap kritikan Rizal Ramli sebagai obat yang menyehatkan.

"Beliau selalu kritis tetapi bagi saya itu adalah obat yang menyehatkan," jelas Moeldoko.


8. Presiden Jokowi Sebut Rizal Ramli Seorang Ekonom Cerdas dan Aktivis Kritis

Presiden Jokowi membuka Muktamar ke-18 PP Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (22/2/2023). (Istimewa)
Presiden Jokowi membuka Muktamar ke-18 PP Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (22/2/2023). (Istimewa)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli pada Selasa, 2 Januari 2024. Jokowi menyebut Rizal Ramli sebagai ekonom yang cerdas dan aktivis yang kritis.

"Turut berdukacita atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Rizal Ramli, mantan Menko Kemaritiman, kemarin di Jakarta," kata Jokowi melalui akun media sosial X (Twitter), @jokowi, Rabu (3/1/2024).

"Saya mengenal almarhum Rizal Ramli sebagai seorang ekonom cerdas dan aktivis yang kritis karena kecintaan terhadap bangsanya" sambungnya.

Dia mendoakan Rizal Ramli mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. Jokowi juga berharap keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran.

"Semoga arwah almarhum mendapatkan tempat nan lapang di sisi Allah SWT dan segenap keluarga serta kerabat yang ditinggalkan kiranya diberi kesabaran," tutup dia.

Infografis Journal
Infografis Journal: Kenapa Banyak Pekerja di Jakarta Tinggal di Kota Penyangga (Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya