Sandiaga Uno Kenang Sosok Rizal Ramli: Pemikiran Beliau Ini Berbeda dengan Mainstream

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno datang melayat mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli di rumah duka Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan.

oleh Tim News diperbarui 03 Jan 2024, 12:55 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2024, 12:55 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno datang melayat mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli di rumah duka Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan. (Foto: Merdeka.com/Rahmat Baihaqi).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno datang melayat mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli di rumah duka Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan.

Ia menyebut sosok Rizal Ramli memiliki cara berfikir yang tidak biasa untuk pembangunan bangsa.

"Beliau berjuang dari pemikiran yang visioner, kadang-kadang juga pemikiran beliau ini berbeda dengan mainstream. Jadi selalu menimbulkan diskursus yang baik. Tapi niatnya tulus untuk bangsa Indonesia," kata Sandiaga di rumah duka Rizal, Rabu (3/1/2023).

Sandiaga pun mengenang ketika dirinya pernah bersama-sama menjabat Asprindo bersama Rizal. Ia mengungkapkan kala itu dirinya bersama Rizal memperjuangkan para pengusaha yang ada di Indonesia untuk menggapai Indonesia emas 2045.

"Kami sama sama di Asprindo, di asosiasi pengusaha pribumi indonesia memperjuangkan bagaimana pengusaha-pengusaha nasional ini bisa mengambil peran besar dalam pembangunan indonesia khususnya untuk pencapaian indonesia emas 2045," ungkap dia.

Tidak hanya itu, pada saat Sandi bertanding di Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, ia juga pernah diingatkan perihal reklamasi harus berdampak positif bagi masyarakat.

"Jadi waktu saya berjuang saat di 2017 dia mengingatkan bagaimana reklamasi nanti itu harus memberikan dampak yang positif bagi rakyat kecil," kenang Sandiaga.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Acap Berkomunikasi

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu juga mengaku acap kali berkomunikasi dengan Rizal. Hanya saja pada saat pertengahan tahun mulai jarang berkomunikasi.

Namun belakangan ia baru mengetahui, Rizal tengah dirawat dan telah menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (2/1/2023) di RSCM.

"Biasanya dia sangat rajin gitu, posting-posting. Ternyata beliau sudah dirawat mulai bulan November. Dan setelah berjuang dua bulan, beliau nggak mau merepotkan, jadi nggak memberi kabar. Jadi kita juga sepertinya memang beliau tidak ingin ditengok. Dan tidak ingin merepotkan banyak orang. Saya salut sama pendirian dan komitmen beliau untuk Indonesia dan merah putih," tutupnya.

 


Sosok Rizal Ramli di Mata Erick Thohir

 Menteri BUMN Erick Thohir turut berduka atas meninggalnya ekonom senior Rizal Ramli. Dia pun memberikan kesan baik sepenunggalan ekonom tersebut.

Erick Thohir menyampaikan rasa dukanya melalui unggahan di Instagram pribadinya @erickthohir. Dia mengunggah satu foto Rizal Ramli dengan nuansa hitam putih.

"Innalillahi wa innailaihi raji’un. Turut berduka atas meninggalnya Dr.Rizal Ramli," tulis Erick, dikutip Rabu (3/1/2024).

Erick mengaku kerap mendapat pesan dari sosok Rizal Ramli. Tak cuma itu, Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini juga menyebut banyak belajar dari sosok senior itu.

"Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih atas segala pesan dan nasihat yang disampaikan almarhum semasa hidup. Sungguh banyak belajar dari beliau," ungkap Erick.

Usai mengisahkan sedikit kesan baik, Erick turut melayangkan doa untuk almarhum Rizal Ramli.

"Semoga Allah menerima segala amal ibadah almarhum dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan iman," pungkas Menteri BUMN.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya