Ini Rekomendasi Mainan untuk Anak Sesuai dengan Umurnya

Mainan seperti apa yang baik untuk anak?

oleh Jazilatul Humda diperbarui 27 Mar 2024, 20:05 WIB
Diterbitkan 10 Des 2010, 10:45 WIB
Contoh ilustrasi seorang anak dengan mainan yang digemarinya
Cara sederhana lain yang dapat menstimulasikan kecerdasan otak anak adalah dengan melibatkan anak pada mainan yang digemarinya (Foto: Unsplash.com/Yuri Shirota)

Liputan6.com, Jakarta - Sering terlintas di benak kita, pertanyaan mainan seperti apa yang baik tetapi terjangkau serta dapat mendidik anak?

Apakah lego, rubik, atau bahkan mainan puzzle? Kebingungan ini terus berlanjut setiap kali ingin membelikan mainan di marketplace atau toko mainan di pinggir jalan.

Sebenarnya jawabannya sederhana saja, yaitu tergantung usia dan minat anak. Tak perlu khawatir, Dewan Penguji Mainan Kanada (Canadian Toy Testing Council) sudah merangkum beberapa mainan terbaik tahun ini untuk anak Anda. Berikut adalah daftar mainan terbaik sesuai usia anak:

Usia enam tahun ke atas:

Perplexus, mainan berbentuk bola yang di dalamnya terdapat labirin. Anak akan dilatih untuk melakukan problem solving dengan cara yang menyenangkan. Pesawat Remot Kontrol adalah mainan yang sangat mainstream, namun ini akan melatih motorik anak untuk menerbangkan dan menyeimbangkan pesawat.

Sangat berbeda dengan mainan Mobil Remote Kontrol yang hanya maju mundur dan belok.Dresses of the world art by number by Djeco, mainan ini dapat melatih keterampilan seni kertas pada anak. Sebenarnya, Anda juga dapat membuat mainan ini sendiri, karena mainan ini tidak memerlukan bahan khusus.

Usia delapan tahun ke atas:

Permainan kesehatan atau dokter-dokteran adalah mainan yang sangat mudah didapatkan karena banyak yang menjualnya. Dengan mainan ini, anak juga dapat membayangkan profesi dan apa yang akan dilakukannya pada profesi tersebut.

Doodle Journal, mainan yang berbentuk buku dan harus digambar cocok untuk anak Anda yang suka dengan kegiatan menulis atau menggambar. Dengan begitu, anak akan bermain sambil belajar.

Run Wild, mainan kartu ini adalah salah satu yang direkomendasikan oleh Dewan Penguji Mainan Kanada untuk tahun ini. Jika di Indonesia, ada beberapa mainan serupa yang selalu viral, contohnya adalah UNO. Mainan kartu ini akan mengajarkan fokus, strategi, dan kebersamaan pada anak.

Sementara itu, Lee Richamond dari Kaboodles mengungkapkan bahwa semua anak pasti akan menggunakan mainannya dengan cara yang berbeda, tidak ada spesifik yang sama cara anak bermain.

“Ini semua tentang imajinasi, anak usia sembilan tahun akan menggunakan Playmobil dengan cara yang berbeda dengan anak yang berusia empat tahun, walaupun keduanya memainkan mainan yang sama,” ujar Lee Richamond.

Mainan-mainan yang dibeli ketika anak masih berumur tiga atau empat tahun bisa saja masih dimainkan oleh anak pada beberapa tahun kemudian. Contohnya seperti lego, mungkin Anda membelinya ketika anak Anda berumur enam tahun, tetapi bisa saja ketika anak Anda berumur delapan atau sembilan tahun masih menggunakannya lagi.

Mainan-mainan lama seperti rubik juga tidak akan lekang dimakan waktu, ini semua tergantung cara anak Anda bermain dan apa yang mereka suka. Boneka juga salah satu mainan yang sangat awet untuk anak, rata-rata anak suka dengan boneka dan bahkan bisa awet hingga ia dewasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya