Kapolri Resmi Lepas Mudik Gratis Presisi 2024

Listyo menuturkan, program mudik gratis Polri Presisi merupakan tindaklanjut apa yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar pelaksanaan mudik pada tahun ini berjalan aman dan lancar.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 06 Apr 2024, 19:52 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2024, 19:52 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melepas keberangkatan masyarakat yang mengikuti program Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2024.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melepas keberangkatan masyarakat yang mengikuti program Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2024. (Ady Anugrahadi).

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melepas keberangkatan masyarakat yang mengikuti program Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2024. Acara pelepasan dilakukan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2024).

Sebanyak 20 ribu pemudik tujuan empat provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur diberangkatkan dari Monas pada hari ini.

Listyo menuturkan, program mudik gratis Polri Presisi merupakan tindaklanjut apa yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar pelaksanaan mudik pada tahun ini berjalan aman dan lancar.

"Hari ini kami dari kepolisian dan dari kementerian atau lembaga yang lain pun melaksanakan hal yang sama, yaitu mudik gratis," kata Listyo.

Mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, pada tahun ini program mudik gratis Polri Presisi digelar di 17 provinsi secara bersamaan dengan jumlah penumpang mudik 58 ribu dan menggunakan kendaraan 1.117.

Lebih lanjut, Listyo menuturkan, dirinya juga bersama Menteri Perhubungan (Menhub) dan Panglima TNI melakukan pengecekan terhadap keselamatan dan keamanan baik pengemudi maupun penumpangnya.

"Jadi sebelum berangkat dilakukan pengecekan bebas narkoba, alkohol dan pemeriksaan kesehatan. Semua untuk memastikan pada saat membawa kendaraan semuanya dalam keadaan sehat. Tentunya rata-rata tadi kita menyapa pemudik semuanya berbahagia senang dan berharap mudik kali ini juga lancar dan cepat sampai tujuan masing-masing," ujar Listyo.

Dalam hal ini, masyarakat yang ikut dalam program mudik gratis Polri Presisi tahun 2024 telah mendaftar baik secara online maupun mendatangi langsung kantor Samsat.

Listyo mengaku mendapatkan laporan bahwa, pendaftaran online mudik gratis ini langsung ludes ketika mulai dibuka. Hal itu lantaran tingginya animo masyarakat untuk ikut dalam program tersebut.

Karena itu, Listyo menyatakan bakal melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk membahas penambahan kuota mudik gratis bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan kita akan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait. Mudah-mudahan masih ada slot. Karena kita lihat langsung penuh. Mudah-mudahan bisa ada penambahan, jadi kita harapkan semua bisa terlayani dengan baik, untuk mengurangi beban masyarakat, terutama yang ingin menggunakan kendaraan pribadi," tandas Listyo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diikuti Puluhan Ribu Orang

Sementara itu, Kakorlantas Irjen Aan Suhanan mengatakan program mudik gratis dari Polri tahun ini diikuti oleh 58.350 orang dan 1.167 armada bus dikerahkan dengan wilayah tujuan mencapai 17 kabupaten dan kota.

"Selain di Jakarta, pelaksanaan mudik gratis ini juga dilaksanakan di 19 polda jajaran, dengan jumlah pemudik 58.350 orang dan jumlah angkutan 1.167 bis," kata Aan di Monas.

Aan mengatakan ada lonjakan yang masif dari jumlah pemudik di Lebaran 2024 dibandingkan tahun lalu. Warga yang pulang kampung diperkirakan mencapai 193,6 juta. Program mudik gratis ini diharapkan mampu mengurangi lonjakan kendaraan pemudik tahun ini.

Para peserta mudik gratis ini berasal dari 19 provinsi mulai dari Aceh hingga Nusa Tenggara Barat. Sementara kota dan kabupaten tujuan yang berjumlah 17 berada di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

"Kemudian, tujuan mudik ada ke 4 provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur yang nantinya akan tersebar di 17 kota Tujuan Mudik Gratis Polri Presisi tahun 2024 ini," ujarnya

Infografis Rekayasa Lalu Lintas di Tol Saat Arus Mudik Lebaran 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rekayasa Lalu Lintas di Tol Saat Arus Mudik Lebaran 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya