Puan Akui Tertarik Usung Anies, Hasto PDIP: Juga Muncul Nama Mas Pramono Anung

Hasto tak membantah nama Anies Baswedan masuk dalam radar PDIP untuk Pilgub Jakarta. Namun dia juga menyebutkan nama-nama lain yang dipertimbangkan, di antaranya Pramono Anung hingga Andika Perkasa.

oleh Winda Nelfira diperbarui 06 Jun 2024, 16:25 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2024, 16:20 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merespons soal nama Anies Baswedan yang dilirik Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk Pilgub Jakarta 2024. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, Jakarta menjadi salah satu dari lima provinsi yang menjadi prioritas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Hasto merespons, soal nama Anies Baswedan yang dilirik Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk Pilkada Jakarta 2024. Menurutnya, selain Anies juga muncul sejumlah nama lain seperti Politikus PDIP sekaligus Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung.

"Mbak Puan kemarin menyebut Mas Anies itu menarik kemudian ada muncul nama Mas Pramono Anung, yang memang mempunyai pengalaman yang luas dan masih representasi orang-orang muda juga," kata Hasto usai peringatan Hari Lahir Bung Karno di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024).

Hasto juga memuji Pramono Anung yang ia nilai punya pengalaman sangat luas. Sehingga, ujarnya layak diusung jadi bakal calon kepala daerah di Jakarta 2024.

"Mas Pram ini kalau naik sepeda speed-nya bisa 32 km/jam jadi masih gigih speed. Kemudian dari sisi pengalamannya sangat luas," ujar Hasto.

Nama Andika Perkasa Juga Dipertimbangkan

Tak hanya Anies dan Pramono Anung, Hasto bilang juga muncul nama lain semisal Eks Panglima TNI sekaligus kader PDIP Andika Perkasa. Andika, kata dia mendapat respons positif dari kader saat bergabung ke PDIP.

"Ketika ibu mengumumkan Mas Andika Perkasa ini bergabung ke PDIP itu responsnya juga sangat luas sehingga secara dinamis terus dilakukan pemetaan politik," kata dia.

Saat ini, kata Hasto pemetaan politik masih terus dilakukan. Dia mengakui, peta politik PDIP untuk Pilkada DKI Jakarta masih dinamis.

"Partai juga mengonsolidasikan seluruh jajarannya sehingga ketika keputusan itu muncul semua langsung bergerak," tutur Hasto Kristiyanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Puan: Menarik Juga Pak Anies

Jokowi Bagikan 3 'Kartu Sakti' ke Warga Penjaringan
Menko PMK Puan Maharani (kedua kiri) dan Mendikbud Anies Baswedan saat pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada warga di Penjaringan, Jakarta, Rabu (13/5). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku tertarik dengan Anies Baswedan untuk Pilgub Jakarta 2024. 

"Menarik juga Pak Anies," kata Puan, saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (4/6/2024).

Puan pun mengaku PDIP siap kerjasama dengan partai lain, termasuk Gerindra yang merekomendasikan Ridwan Kamil.

"PDIP siap bekerjasama dengan siapa aja, ini ada Pak Lodewijk Golkar kita siap ya Pak," ucapnya.

Namun, dia mengaku PDIP akan melihat peta di lapangan sebelum menentukan sosok yang akan diusung.

"Kita partai politik, khususnya PDIP siap bekerjasama dengan siapapun, khususnya setelah melihat peta lapangannya seperti apa," jelas Puan.

"Ya harus realistis bagaiamana melihat situasi di lapangan karena setiap daerah itu wilayahnya itu beda-beda, ini kira-kira peluangnya ada di wilayah mana," imbuh dia.

Infografis Ragam Tanggapan Bursa Calon Gubernur di Pilkada Jakarta Kian Ramai. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Bursa Calon Gubernur di Pilkada Jakarta Kian Ramai. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya