Alasan Polri Anugerahi Prabowo Bintang Bhayangkara Utama: Berjasa Amankan NKRI

Prabowo Subianto dinilai memiliki jasa besar untuk kemajuan dan pengembangan institusi Polri. Dalam berbagai kesempatan, dia juga terus mengingatkan peran dan fungsi TNI bersama Polri yang sangat penting bagi rakyat dan negara.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 20 Jun 2024, 17:35 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2024, 17:35 WIB
Prabowo Subianto Mendapat Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Polri
Menhan Prabowo Subianto berpose dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai menerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Polri, Kamis (20/6/2024). (Foto: Humas Polri)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden terpilih RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto menerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Polri. Penyematan tanda kehormatan itu dilaksanakan di Rupattama Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2024) siang.

Prabowo yang tiba di Mabes Polri langsung disambut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Wakapolri Komjen Agus Andrianto, serta sejumlah Pejabat Utama Polri lainnya.

Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan, penghargaan Bintang Bhayangkara Utama Polri untuk Prabowo Subianto merupakan bentuk apresiasi atas kerja samanya dalam mengamankan NKRI.

“Hari ini Kapolri memberikan penghargaan kepada Menhan Prabowo Subianto Bintang Bhayangkara Utama Polri,” tutur Dedi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Menurut Dedi, Prabowo Subianto memiliki jasa besar untuk kemajuan dan pengembangan institusi Polri. Dalam berbagai kesempatan, dia juga terus mengingatkan peran dan fungsi TNI bersama Polri yang sangat penting bagi rakyat dan negara.

“Ini adalah penghargaan yang diberikan atas hubungan timbal balik dan kerjasama dalam upaya peningkatan keamanan NKRI,” kata Dedi.

Dukungan penguatan Polri juga pernah disampaikan Prabowo Subianto saat menjadi pembicara dalam dialog kebangsaan di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdiklat) Polri, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Kala itu, Dedi menegaskan bahwa TNI dan Polri adalah jaminan terakhir NKRI. Untuk itulah rakyat membutuhkan TNI-Polri yang kuat dengan kualitas SDM tangguh dan unggul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Itu Penghargaan Bintang Bhayangkara Utama?

Prabowo Subianto Mendapat Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyerahkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama kepada Menhan Prabowo Subianto, Kamis (20/6/2024). (Foto: Humas Polri)

Adapun penghargaan Bintang Bhayangkara Utama adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk menghormati jasa seseorang memajukan dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2012 disebutkan, terdapat tiga tanda kehormatan Bintang Bhayangkara, yakni Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya. Bintang Bhayangkara Utama kelas tertinggi, disusul Bhayangkara Pratama dan Bhayangkara Nararya.

Infografis Jokowi Naikkan Pangkat Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan TNI. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi Naikkan Pangkat Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan TNI. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya