Dilantik Jadi Wamentan, Sudaryono Akan Lanjutkan Program Food Estate

Sudaryono menyatakan, bahwa sektor pertanian sangat penting karena menyangkut kedaulatan dan ketahanan pangan.

oleh Tim News diperbarui 18 Jul 2024, 18:32 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 18:32 WIB
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono saat tiba di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/7/2024).
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono saat tiba di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/7/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melantik Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan). Usai dilantik, Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah ini menegaskan bahwa program food estate atau lumbung pangan tetap dilanjutkan.

Sudaryono menyatakan, bahwa sektor pertanian sangat penting karena menyangkut kedaulatan dan ketahanan pangan.

"Tentu saja pertanian sektor yang sangat penting menyangkut kedaulatan dan ketahanan pangan kita, ketahanan dan kedaulatan bangsa kita salah satunya ada di sektor pangan," kata Sudaryono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Menurutnya, program-program pertanian yang dicanangkan Presiden Jokowi akan ditingkatkan. Nantinya, program itu juga dilanjutkan pada pemerintahan Prabowo Subianto.

"Oleh karena itu ini tentunya suatu tugas yang tidak ringan, sebagaimana dicanangkan oleh Presiden Jokowi dan sudah dilaksanakan sampai pada hari ini dan tentunya terus dilanjutkan dan ditingkatkan oleh Presiden terpilih kita, Bapak Prabowo Subianto dalam kaitannya kemandirian, ketahanan, kedaulatan pangan bagi bangsa kita," tuturnya.

Sudaryono menyebut, program sektor pertanian yang dilanjutkan antara lain seperti food estate, intensifikasi, pipanisasi, hingga pompanisasi. Dia sudah punya target jelas agar Indonesia berdaulat di bidang pangan.

"Mungkin lebih detailnya saya kira bisa lebih panjang, ada food estate, kemudian intensifikasi, kemudian ada pipanisasi, ada pompanisasi, ada kemudian peningkatan lahan dari lahan rawa, lahan pasang surut misalnya untuk menambah produktivitas pangan kita. Saya kita target sudah jelas, adalah bagaimana kita berdaulat di bidang pangan," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Resmi Lantik Sudaryono Sebagai Wamentan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) di Istana Negara Jakarta, Kamis, (18/7/2024).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) di Istana Negara Jakarta, Kamis, (18/7/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) di Istana Negara Jakarta, Kamis, (18/7/2024). Sudaryono saat ini merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah.

Pelantikan Sudaryono sebagai Wamentan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 45/M Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

"Mengangkat Saudara Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) sisa masa jabatan periode 2019-2024," demikian bunyi Keppres.

Jokowi lalu membimbing Sudaryono mengucapkan sumpah jabatan. Dia berjanji akan menjalankan tugas jabatan sebagai Wamentan dengan sebaik-baiknya.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Sudaryono didepan Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," sambung dia.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya