Jokowi soal Ngantor di IKN: Begitu Ada Lampu Hijau Siap

Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024. Terkini, kepala negara masih menunggu fasilitas pendukung, seperti air dan listrik.

oleh Jonathan Pandapotan Purba diperbarui 19 Jul 2024, 19:31 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 19:24 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas Rencana Pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu, 28 Desember 2022. (Dok Humas Sekretariat Kabinet RI)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) bila kondisi di sana sudah siap. Kepala negara hanya menunggu sinyal lampu hijau untuk berpindah kantor.

Belakangan, rencana presiden berkantor di IKN ditargetkan bulan Juli 2024. Tetapi, Jokowi mempertanyakan kesiapan air dan listrik di IKN saat menanggapi pertanyaan jadi atau tidak bulan ini berkantor di IKN.

"Begitu ada lampu hijau siap, saya akan berkantor," kata Jokowi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/7).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024. Terkini, kepala negara masih menunggu fasilitas pendukung, seperti air dan listrik.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, bahwa Presiden Jokowi tidak pernah mengatakan batal berkantor di IKN Juli ini. Menurutnya, Jokowi hanya mempertanyakan kesiapan air dan listrik.

"Cuma bilang sudah belum. Sudah? Belum? Sudah? Belum? Gitu aja kan," kata Basuki di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/7).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masih Ada Waktu

Basuki menuturkan, saat ini baru memasuki bulan Juli dan masih tersisa waktu sampai habis bulan. Basuki menekankan, bahwa pernyataannya air sudah siap untuk pertengahan bulan Juli, bukan awal.

"Dulu saya bilang pertengahan Juli air akan masuk. Listrik sudah masuk," kata Basuki.

Basuki menambahkan, bahwa ia bakal kembali berkunjung ke IKN selepas mendampingi kegiatan Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Abu Dhabi pada 15 hingga 17 Juli.

"Tanggal 18 (Juli) kesana saya memastikan bahwa air insya Allah sudah oke," kata Basuki.

Meski begitu, Basuki enggak memastikan kapan Jokowi akan berkantor di IKN. Menurutnya, hal itu bergantung terhadap keputusan Jokowi.

"Tanya beliau dong, masa nanya saya," kata Basuki.


Tunggu Kesiapan Infrastruktur

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo masih menunggu kesiapan infrastruktur penunjang untuk dirinya berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, yang sebelumnya diperkirakan mulai Juli 2024.

"Airnya udah siap belum? Listriknya udah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah," kata Presiden Jokowi dikutip dari Antara, Rabu (10/7/2024).

Presiden mengaku sudah mendapatkan laporan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang kesiapan infrastruktur di IKN, seperti air, listrik hingga kantor Presiden yang akan ditempati.

Dari laporan tersebut, Presiden menerima laporan bahwa infrastruktur tersebut belum siap untuk dimanfaatkan.

"Sudah (dapat laporan), tapi belum (siap). Sudah, tapi belum," kata Presiden saat ditanya awak media soal laporan kesiapan infrastruktur dari Kementerian PUPR.

Sumber: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya