Paus Fransiskus Tiba di Indonesia dengan Maskapai Alitalia

Paus Fransiskus melakukan kunjungan ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 03 Sep 2024, 14:25 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 11:49 WIB
Suasana Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, jelang kedatangan Paus Fransiskus, Selasa (3/9/2024). (Tangkapan layar Youtube Komsos KWI)
Suasana Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, jelang kedatangan Paus Fransiskus, Selasa (3/9/2024). (Tangkapan layar Youtube Komsos KWI)

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Gereja Katolik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus tiba di Indonesia pada Selasa (3/9/2024).

Pesawat komersil dari maskapai Alitalia, kini dikelola oleh ITA Airways, yang membawanya telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 11.30 WIB.

Menurut video dari lokasi ketibaan Paus Fransikus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang diterima Liputan6.com, terlihat pemimpin umat Katolik dunia itu menggunakan kursi roda. 

Paus Fransiskus dan rombongan segera disambut oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo, Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignasius Soeharyo dan Ketua KWI Mgr Antonius Subianto Bunjamin.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto dan Duta Besar Indonesia untuk Takhta Suci Michael Trias Kuncahyono turut menyambut kedatangan Paus Fransiskus. 

Paus Fransiskus kemudian bertolak menuju Kedutaan Besar Vatikan menggunakan Toyota Innova Zenix warna putih dengan plat nomor SCV 1. 

Indonesia merupakan negara pertama yang disinggahinya dalam rangka perjalanan apostolik Paus Fransiskus ke Asia Pasifik.

Berikut jadwal lengkap kegiatan Paus Fransiskus di Indonesia:

Senin, 2 September 2024

  • 17.00 waktu Roma, Berangkat dengan pesawat dari Bandara Internasional Roma/Fiumicino ke Jakarta

Selasa, 3 September 2024

  • 11.30 WIB, Tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng

Rabu, 4 September 2024

  • 10.00 WIB, Melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta
  • 10.35 WIB, Melakukan pertemuan dengan kalangan pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik di Aula Istana Negara, Jakarta
  • 11.30 WIB, Melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesus (SJ) di Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta
  • 16.30 WIB, Melakukan pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis di Gereja Katedral, Jakarta

Kamis, 5 September 2024

  • 09.00 WIB, Melakukan pertemuan antaragama dan bertemu Imam Besar Nasaruddin Umar Masjid Istiqlal, di Masjid Istiqlal, Jakarta
  • 10.15 WIB, Melakukan pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di Kantor Pusat KWI, Jakarta
  • 17.00 WIB, Memimpin misa kudus di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta

Jumat, 6 September 2024

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

  • 09.45 WIB, Meninggalkan Jakarta dan menuju Port Moresby, Papua Nugini   

Isu Sosial dan Kemanusiaan Jadi Fokus Utama

Paus Fransiskus
Yang Mulia Sri Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Selasa, 3 September 2024. (Ist).

Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Hardjoatmodjo menuturkan bahwa lawatan Paus Fransiskus ke Indonesia memiliki makna spiritual yang mendalam bagi umat Katolik dan masyarakat secara umum, yaitu penguatan iman dan persatuan.

Ia juga mengungkapkan bahwa isu sosial dan kemanusiaan menjadi fokus utama dalam kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. 

"Kunjungan ini juga menjadi kesempatan untuk menyoroti isu-isu sosial dan kemanusiaan yang relevan di Indonesia, mendorong umat Katolik dan masyarakat luas untuk lebih peduli dan terlibat dalam upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan," tuturnya. 

Selain itu, kunjungan ini juga dapat dipandang sebagai bentuk penghormatan terhadap kebudayaan lokal dan tradisi Indonesia yang kaya.

"Hal ini mengingatkan bahwa iman Katolik dapat berakar dalam konteks budaya lokal tanpa kehilangan identitas universalnya," tambah Kardinal Suharyo. 

Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya