Risma Kembali Bungkam saat Ditanya Rencana Mundur Jadi Mensos Usai Maju Pilgub Jatim

Saat ditanya kembali rencana mundur dari Mensos, Risma bungkam. Dia tak menjawab pertanyaan dari awak media dan langsung meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 03 Sep 2024, 15:20 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 15:20 WIB
Mensos Risma
Menteri Sosial Tri Rismaharini tiba di gedung MK untuk menjadi saksi dalam sidang sengketa Pilpres 2024. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini masih mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9/2024). Padahal, Risma berencana mengundurkan diri dari jabatan Mensos usai maju Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2024.

Saat ditanya kembali rencana mundur dari Mensos, Risma bungkam. Dia tak menjawab pertanyaan dari awak media dan langsung meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

"Aku ke DPR. Aku ditunggu DPR," ucap Risma saat dicecar awak media soal pengunduran diri sebagai Mensos.

Sebelumnya, bakal calon gubernur Jatim Tri Rismaharini atau Risma segera mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Sosial (Mensos), usai mendaftar Pilkada Jatim ke KPU.

Risma menyatakan, dia bakal menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jumat hari ini (30/8/2024).

"Saya akan besok InsyaAllah kalau bisa minta waktu Pak Presiden untuk mengundurkan diri,” kata Risma di Surabaya, Kamis (29/8/2024).

Hal itu bakal dilakukan Risma, meski menurutnya tak ada ketentuan yang mengatur menteri harus mundur dari jabatannya meski berkontestasi di Pilkada.

“Tapi emang di aturan tidak diatur, tapi saya akan mengundurkan diri. Dan itu kewenangan beliaunya saya diberikan mundur atau tidak,” ucapnya.

Risma mengaku dia harus bertemu Jokowi untuk menyampaikan langsung niat pengunduran diri ini. Sebab, sebelum dia ditunjuk sebagai Mensos dulu, ia juga lebih dulu berjumpa dengan kepala negara.

“Tapi saya besok akan ngadep beliaunya karena dulu saya jadi menteri juga dipanggil, saya juga akan menghadap beliaunya untuk menyerahkan pengunduran diri saya,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Sebut Lebih Baik Mundur

Sementara itu, Jokowi menilai akan lebih baik bagi Risma mundur saat maju Pilkada Jawa Timur.

"Ya itu lebih baik," kata Jokowi di Rumah Sakit Persahabatan Ibu dan Anak Jakarta Timur, Jumat (30/8/2024).

Kendati begitu, dia mengatakan tidak ada aturan menteri mundur dari jabatannya apabila mencalonkan diri menjadi kepala daerah. Nantinya, para menteri dapat mengajukan izin cuti apabila berkampanye.

"Tapi kalau tidak aturannya kan tidak apa-apa memperbolehkan," ujarnya.Risma telah melaporkan soal pencalonannya di Pilkada Jawa Timur kepada Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (30/8/2024) pagi. Jokowi sendiri telah merestui Risma maju Pilkada Jatim 2024.

"Ya berkaitan dengan pencalonan Bu risma untuk calon gubernur di Provinsi Jawa Timur. Ya saya izinkan," jelas Jokowi.

 

Infografis Risma Maju Pilgub Jatim 2024, Lepas Jabatan Mensos?
Infografis Risma Maju Pilgub Jatim 2024, Lepas Jabatan Mensos? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya