6 Makanan yang Dapat Mempercepat Proses Penuaan, Waspadai Efeknya

Makanan memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan anda, termasuk yang dapat memperlambat penuaan dan yang mempercepat proses penuaan.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 03 Sep 2024, 17:37 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 17:37 WIB
perempuan makan
"Gambar seorang wanita sedang menikmati burger/copyright unsplash.com/Hector Gomez"

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami berbagai perubahan yang mempengaruhi kesehatan dan penampilan. Namun, pola makan juga berperan penting dalam proses penuaan. Beberapa jenis makanan dapat mempercepat penuaan, baik melalui efek langsung pada kulit maupun dampaknya pada kesehatan secara keseluruhan. Mengenal makanan-makanan ini dan menghindarinya bisa membantu menjaga keseimbangan dan memperlambat proses penuaan.

Konsumsi makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak jenuh, misalnya, dapat mempengaruhi elastisitas kulit dan mempercepat munculnya kerutan. Selain itu, makanan olahan yang mengandung bahan kimia tambahan dan pengawet juga dapat berkontribusi pada penuaan dini. Memahami bagaimana makanan tertentu mempengaruhi tubuh membantu dalam membuat pilihan yang lebih sehat dan mendukung penuaan yang lebih lambat.

Menghindari atau membatasi makanan yang mempercepat penuaan tidak hanya bermanfaat untuk penampilan luar, tetapi juga untuk kesehatan internal. Mengadopsi pola makan yang lebih seimbang dan bergizi dapat membantu memelihara kesehatan jangka panjang dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (3/9/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa saja Makanan yang Harus Dihindari

Ilustrasi Minyak Goreng
Ilustrasi minyak goreng. (dok. Unsplash.com/@suicide_chewbacca)

1. Gorengan

Gorengan adalah makanan yang digoreng dalam minyak panas, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan donat. Proses penggorengan ini menghasilkan senyawa berbahaya yang disebut Advanced Glycation End-products (AGEs). AGEs dapat merusak kolagen dan elastin, dua protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Konsumsi makanan ini secara berlebihan tak hanya bikin cepat tua tetapi juga bisa meningkatkan kolesterol, kegemukan, dan penyakit mematikan lainnya.

2. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans, seperti daging merah, mentega, dan makanan cepat saji, dapat meningkatkan kadar kolesterol dan menyebabkan peradangan. Peradangan kronis dapat merusak sel-sel kulit dan mempercepat proses penuaan. Selain itu, lemak jenuh dan trans juga dapat berkontribusi pada penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

3. Makanan Manis

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan glikasi, di mana molekul gula menempel pada protein dan lemak dalam tubuh, membentuk AGEs. Kondisi ini dapat merusak kolagen dan elastin, menyebabkan kulit menjadi kendur dan keriput. Makanan manis seperti permen, kue, dan minuman bersoda sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas. Makanan manis dipercaya bisa membuat siapapun cepat tua atau menunjukkan tanda penuaan yang lebih cepat dari seharusnya.


Makanan Mempercepat Proses Penuaan

Alkohol - Vania
"Gambar ayam goreng saus barbeque yang kaya lemak/copyright unsplash.com/Jim Sosengphet"

4. Makanan Asin

Makanan yang tinggi garam, seperti keripik, makanan kaleng, kentang goreng dan makanan olahan, dapat menyebabkan retensi air dan membuat kulit tampak bengkak dan kusam. Selain itu, konsumsi garam berlebihan juga dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak pembuluh darah. Tentunya, ini dapat mempengaruhi aliran darah ke kulit dan mempercepat penuaan.

5. Alkohol

Meskipun bukan makanan, alkohol sering dikonsumsi bersama dengan makanan. Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi, yang membuat kulit kering dan lebih rentan terhadap keriput. Alkohol juga dapat merusak hati, organ yang penting dalam detoksifikasi tubuh, sehingga mempercepat proses penuaan. 

6. Makanan Olahan

Makanan olahan seperti sosis, nugget, dan makanan beku, sering kali mengandung bahan pengawet, pewarna, dan aditif lainnya yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan sel. Makanan ini juga cenderung tinggi garam dan lemak jenuh. Tentunya, ini dapat mempercepat penuaan kulit dan tubuh.

Makanan di atas memang terbilang enak dan menggugah selera. Namun, yang enak saja belum tentu baik buat kesehatan. Memilih makanan yang sehat dan bergizi adalah langkah penting untuk menjaga tubuh dan kulit tetap awet muda. Sebaiknya, perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan lemak sehat untuk mendukung kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya