Jokowi-Iriana Resmi Terdaftar sebagai Pemilih di Pilkada Jakarta

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada Jakarta 2024, yang digelar Komisi Pemlihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7/2024).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 24 Jul 2024, 17:16 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 17:16 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada umat Islam di seluruh Indonesia.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada umat Islam di seluruh Indonesia. (Dok. Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada Jakarta 2024, yang digelar Komisi Pemlihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Dengan begitu, Jokowi dan Iriana resmi terdaftat sebagai pemilih di Pilkada Jakarta.

"KPUD DKI Jakarta dan didampingi oleh KPU Republik Indonesia, dan tadi Mbak Febi selaku petugas pantarlih sudah bertemu dengan Bapak Presiden dan memberikan pencocokan data dan memberikan formulir, sudah terdaftar sebagai pemilih di DKI Jakarta. Tentunya data-data tersebut sudah terdata oleh KPUD," jelas Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Komisioner KPU RI Betty Epsilon menyampaikan bahwa kegiatan coklit data pemilih Pilkada 2024 dimulai pada 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

Dia menuturkan Jokowi dan Iriana telah memenuhi syarat sebagai daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2024.

"Dalam satu KK Pak Jokowi ada 2 pemilih yang akan menggunakan hak pilih sesuai dengan KK yang ada di dokumen yang dimiliki dan sangat sesuai dengan daftar pemilih yang dimiliki oleh KPU," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPUD DKI Jakarta Wahyu Dinata mengungkapkan Jokowi dan Iriana terdaftar sebagai pemilih di TPS 06 Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


TPS di Gambir

TPS tersebut berlokasi di kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN), tempat yang sama saat Jokowi-Iriana menggunakan hak suaranya untuk Pemilu 2024.

"Sudah ada TPS potensial di TPS 06 Kelurahan Gambir. Biasanya di Kantor LAN," tutur Wahyu.

Adapun data pemilih di DKI Jakarta sebanyak 8.292.897 orang. Wahyu mengimbau masyarakat Jakarta untuk mengecek apakah namanya sudah terdaftar sebagai pemilih Pilkada Jakarta 2024.

"Kami juga mengimbau bagi warga DKI Jakarta untuk mengecek apakah namanya sudah terdaftar apa belum melalui website dicek di dptonline.kpu.go.id. Nanti warga Jakarta tinggal memasukkan nomor NIK saja dan akan diketahui namanya sudah terdaftar atau dalam daftar pemilih pada Pilgub mendaftar," pungkas Wahyu.

"Kalau belum, itu bisa melaporkan pada petugas kami di lapangan di kelurahan kecamatan PPS/PPK atau kabupaten/kota atau melalui aplikasi tersebut sudah bisa langsung melaporkan. Ada lapor pemilih ketika belum terdaftar di daftar pemilih," sambungnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya