Siap Berkantor di IKN, Jokowi: Air, Listrik, Kamar, hingga Tempat Tidur Sudah Ada

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan memulai debutnya berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin besok 29 Juli 2024. Mengapa begitu?

oleh Devira PrastiwiMuhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 28 Jul 2024, 18:55 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 18:55 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Otorita IKN,OJK)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Otorita IKN,OJK)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan memulai debutnya berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin besok 29 Juli 2024. Menurut dia, selain air dan listrik, IKN juga sudah siap dengan tempat tidur.

"Saya sudah diberitahu bahwa air sudah masuk, listrik sudah ada, kamar sudah ada, tempat tidurnya sudah ada, jadi bisa tidurlah," ujar Jokowi saat meninjau IKN, Minggu (28/7/2024).

Soal furniture, Jokowi memastikan sudah ada sebagian. Maka dari itu, dia memastikan malam hari ini akan bermalam di IKN untuk meyakinkan segala persiapan di Istana Kepresidenan.

"Sebagian furniture-nya sudah ada, nanti saya bermalamnya di Istana," tandas Presiden Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi sempat batal berkantor di IKN pada awal bulan ini. Hal itu batal terlaksana sebab infrastrukturnya belum siap sepenuhnya. Khususnya, soal ketersediaan air.

Dengan kepastian air, listrik, dan furniture, Jokowi kemudian dijadwalkan untuk berkantor di IKN untuk tiga hari kedepan. Menurut pihak Istana, presiden rencananya akan berkantor di IKN selama tiga hari, dengan estimasi sampai akhir bulan ini.

"Rencananya tiga hari (Presiden berkantor di IKN)," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana kepada wartawan, Minggu (28/7/2024).

Yusuf menambahkan, pada malam ini presiden dan ibu negara juga akan bermalam di IKN. Diketahui sebelumnya, Jokowi baru saja meninjau Jawa Tengah dalam kunjungan kerjanya.

"Hari ini Bapak Presiden dan Ibu Negara akan Bermalam di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara," jelas Yusuf.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Bertolak ke Kalimantan Timur, Akan Resmikan Jembatan Pulau Balang dan ke IKN

Presiden Jokowi ajak artis ke IKN. (Instagram/ irwansyah_15)
Presiden Jokowi ajak artis ke IKN. (Instagram/ irwansyah_15)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Ibu Negara, Iriana melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur, pada Minggu (28/7/2024). Jokowi bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 11.45 WIB.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Jokowi dan Iriana akan menuju Jalan Bebas Hambatan Akses IKN Seksi 3A-5A, Kota Balikpapan, dengan menggunakan mobil. Di sana, Presiden akan meninjau progres pembangunan jalan tol IKN.

"Presiden dan rombongan kemudian akan berganti kendaraan dengan sepeda motor untuk menuju Jembatan Pulau Balang, Kabupaten Penajam Paser Utara. Seraya berkendara sepeda motor, Presiden dan rombongan akan meninjau Jembatan Pulau Balang sebelum meresmikannya," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (28/7/2024).

Usai meresmikan Jembatan Pulau Balang, nantinya Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Presiden, Ibu Iriana, dan rombongan akan bermalam di IKN untuk melanjutkan kegiatan kunjungan kerja keesokan harinya," tutur Yusuf.

 


Jokowi Ajak Influencer

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jembatan Pulau Balang di Penajam Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) yang menghubungkan Balikpapan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan naik motor.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jembatan Pulau Balang di Penajam Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) yang menghubungkan Balikpapan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan naik motor. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Pada kunjungan kali ini, Presiden Jokowi turut mengajak serta para penggiat seni dan sejumlah influencer Tanah Air. Mereka akan diajak melihat progres pembangunan IKN.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, serta Wishnutama Kusubandio.

Tampak mendampingi pula Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana.

Sementara itu, mereka yang terlibat melepas keberangkatan Presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta yaitu Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto, Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, serta Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Destianto Nugroho Utomo.

 


Resmikan Jembatan Penghubung Balikpapan dan IKN, Jokowi Naik Motor Bareng Influencer dan Artis

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau langsung progres pembangunan Kantor Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau langsung progres pembangunan Kantor Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jembatan Pulau Balang di Penajam Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) dengan bermotor ria bersama para influencer dan artis.

Diketahui, jembatan itu nantinya menghubungkan Balikpapan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN). Sebelum naik motor, Jokowi menggunakan jaket bergaya trendy dengan corak gelap dengan logo Nusantara.

Tampak jajaran influencer dan artis yang ikut dalam kegiatan naik motor bareng Jokowi tersebut yaitu Gading Marten, Ananda Omesh, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Irwansyah, Ferry Maryadi, Willie Salim, dan Sintya Marisca.

"Alhamdulillah pada sore hari ini akan segera kita resmikan infrastruktur pendukung IKN Nusantara, kita resmikan Jembatan Pulau Balang, yang menyeberangi Teluk Balikpapan yang hubungkan kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajem Paser Utara, atau pun juga provinsi Kalimantan Timur ke Kalimantan Selatan," ujar Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (28/7/2024).

Jokowi mengatakan, pembangunan jembatan tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp1,43 triliun dan dikerjakan sejak 2015 lalu.

Saat menjajal jembatan tersebut, Kepala Negara mengaku kagum karena jalanan yang dirasakan oleh motornya terasa nyaman dan mulus. Sehingga dirinya bisa memacu motornya gaspol.

"Menteri PUPR, Pak Basuki menyebabkan kita tadi harus ngebut, di depan ngebut terus, kalau kita gak ikutan ngebut kita ketinggalan jauh," jelas Jokowi.

Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya