Heru Budi-Erick Thohir Bahas Rencana Tata Ruang Jakarta, Monas dan Sekitarnya Bakal Dirombak?

Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono dengan Menteri BUMN Erick Thohir pada Kamis 1 Agustus 2024 lalu. Apa isi pertemuannya?

oleh Winda Nelfira diperbarui 02 Agu 2024, 13:31 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 13:27 WIB
Penjabat (Pj) Gubenur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri Halalbihalal Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Gedung Guru Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2023) (Foto Pemprov DKI Jakarta)
Penjabat (Pj) Gubenur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri Halalbihalal Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Gedung Guru Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2023) (Foto Pemprov DKI Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan isi dan poin pertemuannya dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada Kamis 1 Agustus 2024 lalu. Pertemuan itu membahas soal rencana tata ruang Jakarta.

"Jadi saya bersama kepala Dinas PTSP dan Bapeda mensinkronkan rencana tata ruang dalam sebuah konsep menata Jakarta ke depannya. Yang diutamakan adalah area Monas dan sekitarnya," kata Heru kepada wartawan di Jakarta Timur, Jumat (2/8/2024).

Menurut Heru, kawasan Monas dan sekitarnya bakal ditata lebih modern mengikuti standar kota-kota besar di dunia. Sehingga, kata dia di masa mendatang tata ruang di Jakarta tidak ketinggalan zaman.

"Istana, Monas, Gambir, Balai Kota, itu kita tata supaya ke depannya bisa mengikuti pola kota-kota dunia. Jakarta tidak boleh ketinggalan," ucap dia.

Aturannya, kata Heru bakal digodok bersama dengan sejumlah kementerian terkait, seperti Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Saya akan konsultasikan ke Kementerian BUMN. Nanti setelah itu, kami tentunya akan koordinasi dengan Menteri keuangan, dan seterusnya," kata dia.

Heru menyampaikan, salah satu konsep yang bakal dibahas berkaitan dengan pemanfaatan sejumlah gedung-gedung kementerian yang berada sekitar kawasan Monas untuk kegiatan komersial.

"Kita konsep misalnya kantor BUMN itu bisa menjadi komersial. Komersialnya apa, itu yang perlu kita diskusikan ke depan. Kantor Pertamina depan Istiqlal itu menjadi apa konsepnya, nah ini sedang kita bincang-bincang dengan Pak Menteri BUMN," kata Heru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Optimalisasi Aset

Erick Thohir
Menteri BUMN, Erick Thohir (Liputan6.com/Johan Tallo)

Diketahui, pertemuan Erick dan Heru berlangsung Kamis, 1 Agustus 2024. Pertemuan itu diunggah Erick di laman akun Instagram pribadinya @erickthohir.

"Pagi tadi saya rapat dengan PJ Gubernur DKI Pak @herubudihartono membahas rencana menjadikan dan merenovasi kawasan Monas sebagai City Center yang bisa meningkatkan ekonomi daerah Jakarta dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jakarta," kata Erick.

Erick menyatakan, ia bersama dengan Pemprov DKI Jakarta berkonsolidasi untuk mengoptimalisasi total 13 aset BUMN yang dikelola Danareksa.

"Dukungan dari Pemerintah DKI Jakarta sangat penting untuk menjadikan kawasan ini menjadi lebih menarik, lebih hijau, dan lebih terintegrasi, sehingga bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru," ucap Erick.

Infografis Journal Langkah Pemerintah Atasi Polusi Udara di DKI Jakarta dan sekitarnya
Langkah Pemerintah Atasi Polusi Udara di DKI Jakarta dan sekitarnya
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya