Batal Jadi Ketua Timses RK-Suswono, Sahroni Sebut Penggantinya Akan Diumumkan KIM Plus

Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni batal jadi ketua tim sukses calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

oleh Winda Nelfira diperbarui 09 Sep 2024, 17:30 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 17:30 WIB
Ahmad Sahroni Diperiksa KPK Terkait Kasus TPPU SYL
Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni saat diperiksa KPK sebagai saksi terkait kasus TPPU mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jumat (22/3/2024). Sahroni mengaku diminta mengembalikan uang Rp40 juta dari SYL yang masuk ke kas NasDem. (Merdeka.com/Rahmat Baihaqi)

Liputan6.com, Jakarta Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni batal jadi ketua tim sukses calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

Sahroni mengatakan penggantinya akan diumumkan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. Meski begitu, Sahroni tidak menyebut siapa sosok penggantinya itu.

"Soal siapa yang akan mengemban posisi ketua timses RK-Suswono nanti, itu sepenuhnya menjadi kewenangan elite di koalisi KIM Plus," kata Sahroni dalam keterangan tertulis, diterima Senin (9/9/2024).

Sahroni batal menjadi ketua timses Ridwan Kamil-Suswono lantaran mendapat penugasan lain dari partainya. Namun penugasan apa, Sahroni enggan menyebutnya secara spesifik.

"Ya dari partai ada penugasan lain, masih urus seputar pilkada juga, tapi untuk membantu kader internal NasDem. Prinsipnya apa pun tugas dan perintah yang diberikan Ketua Umum, saya ikuti," kata Sahroni.

Nama Sahroni sebelumnya ditunjuk menjadi ketua timses RK-Suswono usai dikonfirmasi oleh Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Dasco mengatakan penunjukan Sahroni saat itu sudah disetujui oleh KIM Plus.

Kendati tidak menjadi ketua timses Ridwan Kamil-Suswono, Sahroni memastikan Partai NasDem tetap solid bersama KIM Plus. "NasDem akan tetap solid dengan koalisi sekarang. Tidak ada yang berubah," ujar Sahroni.

Sahroni juga menyebut bahwa situasi seperti ini merupakan hal biasa di dalam politik yang dinamis. KIM Plus, kata dia, akan bekerja dan berperan maksimal memenangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PKS Setuju Sahroni Jadi Ketua Timses Ridwan-Suswono: Beliau Paham Jakarta

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim usai rapat rutin tiga sekjen parpol Koalisi Perubahan yang dihadiri Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi serta Sekjen PKB Hasanuddin Wahid di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024).
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim usai rapat rutin tiga sekjen parpol Koalisi Perubahan yang dihadiri Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi serta Sekjen PKB Hasanuddin Wahid di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsyi menyetujui penunjukan politikus Partai Nasdem Ahmad Sahroni menjadi Ketua Tim Pemenangan Ridwan Kamil (RK)-Suswono karena memahami pemetaan politik di Jakarta.

Menurut Aboe, ditunjuknya Sahroni menjadi ketua pun menjadi peluang bagi pasangan bakal calon tersebut. Sebab, menurut Aboe Bakar, Ridwan Kamil perlu bantuan dari rekan-rekan yang memiliki suara di Jakarta.

"Beliau memahami mapping Jakarta, paling tidak di (Jakarta) Utara, lalu Barat," kata Aboe di Jakarta, Minggu (8/9/2024).

Aboe Bakar mengatakan PKS juga sebelumnya telah mendapat informasi terkait penunjukan Anggota DPR RI dari Dapil Jakarta III itu menjadi ketua timses. Bahkan tanpa diinformasikan pun, menurut dia, PKS sudah bekerja lebih dulu.

Kata Aboe, PKS pun sejauh ini telah menggelar beberapa kali pertemuan terkait komposisi tim pemenangan. Menurutnya, tim pemenangan untuk Pilkada Jakarta 2024 harus dijaga dengan baik karena yang dihadapi bukan lawan yang ringan.

"Pramono (bakal calon gubernur dari PDIP) ini orang yang sudah sangat punya jalur yang kuat," kata Anggota Komisi III DPR RI itu dikutip dari Antara.

Pasangan RK-Suswono maju Pilkada DKI Jakarta dengan dukungan koalisi gemuk, yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, PAN, Partai Demokrat, PSI, PKB, NasDem, PPP, dan Perindo.

Pasangan itu juga menerima dukungan parpol nonparlemen, yakni Partai Gelora, Partai Garuda, Partai Bulan Bintang, PRIMA, dan Partai Kebangkitan Nusantara.

 

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya