Prabowo Siap Berkantor di IKN Usai Dilantik Jadi Presiden

Prabowo Subianto menyatakan siap berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, usai dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia pada 20 Oktober 2024. Sebagai seorang presiden, Prabowo mengaku harus berada di ibu kota negara.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 12 Agu 2024, 11:10 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2024, 11:10 WIB
Di Depan Jokowi, Prabowo Janji Selesaikan Pembangunan IKN
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto berjanji di depan Presiden Jokowi akan melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Prabowo sebelum menghadiri rapat kabinet perdana di IKN, Senin (12/8/2024). (Foto: Youtube: Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Prabowo Subianto menyatakan siap berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, usai dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia pada 20 Oktober 2024. Sebagai seorang presiden, Prabowo mengaku harus berada di ibu kota negara.

"Kalau ibu kota, ya presiden ada di ibu kota," kata Prabowo saat ditanya awak media soal berkantor di IKN, Senin (12/8/2024).

Menteri Pertahanan itu pun menyampaikan komitmennya untuk melanjutkan dan menyelesaikan proyek pembangunan IKN, yang dimulai di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia pun menargetkan IKN dapat mulai berfungsi pada tiga tahun ke depan.

"Walaupun kita sadar pembangunan ibu kota itu bukan pekerjaan yang sebentar ya, pekerjaan yang lama, yang berat, tapi saya percaya dalam 3, 4, 5 tahun fungsi daripada ibu kota ini sudah bisa berjalan ya," jelas Prabowo.

"Saya kira kalau kita lihat, optimis ya, dan nanti akan kelihatan betapa manfaat daripada pemindahan ini. Walaupun nanti tentunya banyak yang masih harus kita kerjakan," sambung ketua umum Partai Gerindra tersebut.

Presiden Jokowi sendiri telah dua kali berkantor di Ibu Kota Nusantara. Jokowi pertama kali berkantor di IKN pada 29-30 Juli 2024. Namun, Jokowi menyebut dirinya masih 'soft ngantor', sebab masih ada pekerja proyek.

Kemudian, Jokowi kembali berkantor pada 12-14 Agustus 2024. Jokowi menggelar sidang kabinet perdana di IKN Nusantara yang juga dihadiri Wapres Ma'ruf Amin dan menteri kabinet Indonesia Maju.

Baca juga: Jokowi Ungkap Investasi yang Masuk ke IKN Mencapai Rp56,2 Triliun

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN

Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Progres IKN, Mendagri Mengaku Tidak Sabar Ingin Pindah ke IKN
Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo didampingi sejumlah menteri meninjau progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bersyukur sidang kabinet paripurna untuk pertama kalinya dapat digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). Jokowi menyampaikan tak semua negara mampu membangun ibu kota dari nol.

"IKN adalah sebuah kanvas yang mengukir masa depan. Tak semua orang, tak semua negara, dan tak semua negara memiliki kesempatan, memiliki kemampuan untuk membangun ibu kotanya yang dimulai betul-betul dari nol," ucap Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (12/8/2024).

Jokowi mengatakan IKN dibangun dengan konsep kota hutan yang akan dipenuhi pepohonan, bukan beton-beton dan kaca. IKN juga berkonsep kota pintar yang aktivitasnya ditopang dengan teknologi.

Menurut mantan wali kota Solo itu, pemerintah ingin membangun ibu kota yang nyaman ditinggali oleh masyarakat. IKN sendiri disebut memiliki kualitas udara yang baik ssehingga membuat masyarakat menjadi sehat.

"Kita merasakan pagi tadi betapa sangat sejuk dingin dan segar pada pagi hari ini karena air quality index-nya memang sangat rendah sekali yaitu di angka 6. Padahal maksimalnya di angka 50. Dan hampir banyak kota sekarang ini sudah di atas 50," tuturnya.

Selain itu, kata Jokowi, mobilitas di IKN Nusantara akan memakai kendaraan listrik. Dia menyebut IKN juga berfokus menggunakan energi hijau, membangun green building, serta memprioritaskan pejalan kaki dan sepeda.

"Ekonomi yang akan dikembangkan di Ibu Kota Nusantara juga ekonomi hijau, ekonomi digital yang akan mengiringi pemerintahan di ibu kota Nusantara. Sekali lagi ekonomi hijau, ekonomi digital, data center, financial center dan yang lain-lainnya," kata Jokowi

 


Jokowi Klaim Kualitas Udara di IKN Lebih Baik Dibanding Singapura

Jokowi dan Raffi Ahmad
Presiden Jokowi mengajak sejumlah selebritas Tanah Air mengunjungi IKN menggunakan pesawat kepresidenan. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina diajak serta. (Foto: Dok. Instagram @raffinagita1717)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kali pertama mengajak Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan menteri kabinet Indonesia berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Jokowi ingin Ma'ruf Amin dan para menteri lainnya merasakan bersihnya udara pagi di IKN.

"Ya pertama, saya ingin Pak Wapres, Pak Prabowo dan semua menteri merasakan betapa bersihnya udara di pagi hari di IKN," kata Jokowi kepada wartawan di Kawasan Embung MBH IKN, Senin (12/8/2024).

Dia mengatakan kualitas udara di IKN berada di angka 6. Jokowi menyebut angka ini sangat jauh apabila dibandingkan dengan Singapura yang kualitas udaranya berada di angka 53.

"Tadi kita cek untuk air quality index-nya 6, padahal maksimal itu 50. Di ibu kota negara lain, misalnya di Singapura berapa Pak? 53," jelas Jokowi.

"Di sini (IKN) memang udaranya sangat segar, fresh dan bersih. Dan itu bagus untuk kesehatan, untuk usia," klaim Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menggelar sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

Jokowi mengatakan ada sejumlah hal yang akan dibahas bersama para Menteri, mulai dari pembangunan IKN Nusantara hingga persiapan transisi pemindahan ibu kota negara.

"Ya yang pertama, kita akan menjelaskan kembali mengenai IKN. Yang kedua, yang berkaitan dengan PMI atau Purchasing Management Index," kata Jokowi kepada wartawan di Kawasan Embung MBH IKN, Senin (12/8/2024).

"Yang ketiga, masalah yang lain-lain yang memang untuk keberlanjutan ini apa, transisi ini apa yang harus disiapkan oleh semua kementerian. Itu aja kira-kira," sambungnya.

Adapun sidang kabinet ini dihadiri Wapres Ma'ruf Amin, Presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan para menteri kabinet lainnya.

Selain itu, Jokowi akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama sejumlah proyek infrastruktur. Salah satunya, grounbreaking Istana Wakil Presiden.

"Ada groundbreaking beberapa. Dari investor termasuk juga Istana Wapres akan digroundbreaking oleh Pak Wapres," ujar Jokowi.

Infografis Klaim Temuan Lahan IKN Nusantara Bukan Tanah Negara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Klaim Temuan Lahan IKN Nusantara Bukan Tanah Negara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya