Deddy PDIP: Kabar Jokowi Akan Gusur Menteri PDIP Sudah Lama Kami Dengar

Salah satu menteri yang disebutkan akan tergusur adalah MenkumHAM Yasonna Laoly.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 13 Agu 2024, 16:51 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 16:47 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI, Deddy Yevri Sitorus
Anggota Komisi VI DPR RI, Deddy Yevri Sitorus. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle kabinet menguat. Salah satu menteri yang disebutkan akan tergusur adalah MenkumHAM Yasonna Laoly.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PDIP Deddy Sitorus menyatakan sudah mendengar kabar perombakan tersebut sejak lama.

“Kabar dan rumor tentang niat menggusur kader PDI Perjuangan sudah lama kita dengar, tetapi selama ini hanya isu. Jadi sikap kami hanya mendengar dan menunggu saja dan tidak ingin mencampuri masalah itu,” kata Deddy saat dikonfirmasi, Selasa (13/8/2024).

Deddy menyatakan, PDI Perjuangan sejak awal berkomitmen secara politik mengawal pemerintahan hingga akhir periode.

“Sebab PDI Perjuangan adalah tulang punggung lahirnya pemerintahan ini pada pemilu 2014 dan 2019. Dengan demikian secara etik dan moral kami merasa berkewajiban untuk menyelesaikan amanah yang diberikan oleh rakyat dan Presiden,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terserah Jokowi

Menurut Deddy, PDIP selalu memahami bahwa pengangkatan dan pemberhentian Menteri itu merupakan hak prerogatif presiden. Sehingga pihaknya tidak dalam posisi menerima atau menolak, hanya mengacu pada konstitusi yang ada.

“Jika kader PDIPerjuangan mau diganti, itu terserah dan semaunya Presiden saja. Jikapun Presiden mau mengganti menteri-menteri profesional (non partai) yang direkomendasikan PDIP seperti Menkeu, Menlu, Menteri PUPR, Menhub dan Menteri ESDM, itu juga terserah Presiden saja,” kata dia.


Muncul Isu Jokowi Reshuffle Kabinet Pekan Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju di akhir masa jabatannya. Reshuffle kabarnya akan dilakukan pada pekan ini.

Berdasarkan informasi yang beredar, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly akan digantikan dengan Supraman Andi Agtas. Supratman merupakan Politisi Partai Gerindra.

Sementara itu, Yasonna sendiri merupakan Politisi PDI Perjuangan (PDIP). Dia telah menjabat sebagai Menkumham sejak 2014 atau periode pertama kepemimpinan Jokowi.

Kemudian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dijabat Siti Nurbaya sejak 2014 akan digantikan oleh kader Partai Solidaritas Indonesia, Raja Juli Antoni. Siti sendiri merupakan menteri dari Partai NasDem.

Lalu, Arifin Tasrif akan kabarnya juga akan dicopot dari jabatan Menteri ESDM dan digantikan oleh Bahlil Lahadalia. Sedangkan, jabatan Menteri Investasi yang dijabat Bahlil akan diisi Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani.

Liputan6.com mencoba mengkonfirmasi isu reshuffle kabinet tersebut kepada Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. Namun, tak ada tanggapan.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono hanya menjawab singkat. Ia menyebut belum ada kabar sejauh ini.

"Belum. Besok dikabarin," ucap Heru saat dikonfirmasi.

Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya