Istana Siapkan Rencana Jokowi Berkantor Permanen di IKN pada September

Heru Budi menyampaikan Jokowi tak sepenuhnya berkantor di IKN pada September 2024. Dia menyebut agenda Jokowi berkantor di IKN akan dilakukan disela-sela agenda kunjungan kerjanya ke daerah.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 26 Agu 2024, 14:54 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 14:54 WIB
Jokowi bersama Prabowo dan Sejumlah Menteri Kabinet di IKN
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, termasuk Prabowo Subianto di kawasan IKN, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). Momen ini terjadi sesaat menjelang rapat kabinet perdana di IKN. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan rencana Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkantor secara permanen di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada September 2024. Menurut dia, agenda kepresidenan diatur oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Ini lagi disiapkan. Nanti Pak Seskab dan Pak Mensesneg yang akan menyiapkan agenda itu, untuk berkantor di IKN," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2024).

Dia menyampaikan Jokowi tak sepenuhnya berkantor di IKN pada September 2024. Heru menyebut agenda Jokowi berkantor di IKN akan dilakukan disela-sela agenda kunjungan kerjanya ke daerah.

"Agenda beliau akan disesuaikan, tentunya kunker beliau cukup banyak di sela-sela kunker, tentunya beliau akan menyempatkan berkantor di IKN," jelas dia.

"Sedang berkoordinasi dengan Pak Mensesneg, Seskab, dan tentunya kesiapan lainnya. Seperti, koordinasi dengan menteri PUPR," sambung Heru.

Dia membantah rencana berkantor di IKN untuk menghindari aksi demonstarasi. Heru menuturkan Jokowi telah menyampaikan rencana berkantor di IKN sebelum ramai aksi demo.

"Enggak, kan beliau udah menyampaikan ya, sudah lama," ucap dia.

Heru belum mau berbicara banyak terkait rencana Prabowo Subianto berkantor di IKN setelah dilantik sebagai Presiden pada Oktober 2024.

"Ya nanti kita lihat," ujar Heru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menteri Basuki: Jokowi Rencananya Pindah ke IKN September 2024

Di Depan Jokowi, Prabowo Janji Selesaikan Pembangunan IKN
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto berjanji di depan Presiden Jokowi akan melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Prabowo sebelum menghadiri rapat kabinet perdana di IKN, Senin (12/8/2024). (Foto: Youtube: Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi kemungkinan akan pindah ke IKN Kalimantan Timur pada September 2024. Hal ini diungkap oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Kalau yang saya tahu programnya Pak Presiden Jokowi, kalau nanti bandaranya (IKN) ini beroperasi pada minggu pertama September, beliau pindah ke sana," ujar Menteri Basuki dikutip dari Antara, Jumat 23 Agustus 2024.

Menteri yang akrab dipanggil dengan Pak Bas ini akan pengecekan kemajuan pembangunan landasan pacu atau runway Bandara IKN pada akhir pekan ini. Saat ini progres konstruksi runway Bandara IKN yang baru terbangun 1.100 meter dari target sementara 2.200 meter.

"(Bandara IKN) ini besok baru kita mau cek. Jadi mungkin kalau 2.200 meter targetnya hitungan ya, kalau tidak ada hujan konstruksi runway sepanjang 2.200 meter tersebut diharapkan dapat selesai pada tanggal 2 September," jelas Basuki.

"Jadi kita hitung terus. Nanti ketika runway-nya selesai, kemudian nanti dua hari pasang lampu-lampu semua," katanya.

Bandara IKN ditargetkan bisa dimanfaatkan pada pekan pertama September.

Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya