Maju di Pilgub Jakarta 2024, Ridwan Kamil-Suswono Siap Rangkul Persija dan Jakmania

Bakal Calon Gubernur Jakarta (Bakal Cagub) Ridwan Kamil (RK) memaparkan sejumlah hal terkait visi-misinya di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta 2024.

oleh Arviola Marchsyalina Syurgandari diperbarui 28 Agu 2024, 21:30 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 21:30 WIB
Ridwan Kamil-Suswono Resmi Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024
Ridwan Kamil-Suswono menjadi pasangan kedua yang mendaftar ke KPU DKI Jakarta, setelah sebelumnya pasangan Pramono Anung-Rano Karno. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Gubernur Jakarta (Bakal Cagub) Ridwan Kamil (RK) memaparkan sejumlah hal terkait visi-misinya di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta 2024.

Salah satunya, kata Ridwan Kamil, terkait dukungannya terhadap Persija, klub sepak bola asal Jakarta dan pendukung setianya Jakmania.

"Sepak bola tentu kita akan dukung, kita maksimalkan apalagi dengan brand dan klub Persija dengan Jakmania-nya yang luar biasa," ujar pria yang akrab disapa RK pada jumpa pers di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Selain merangkul Persija dan Jakmania, RK juga berkeinginan menjadi pelayan masyarakat Jakarta yang baik. Caranya, kata dia, dengan menerima seluruh opini warga baik yang mendukung dirinya atau pun tidak.

"Karena nanti kalau sudah terpilih, kami (bersama wakilnya Suswono) akan menjadi pelayan masyarakat karena tujuannya adalah melayani baik yang memilih maupun tidak memilih (dirinya sebagai kandidat cagub Jakarta)," ucap RK.

Kemudian, dia bersama Bakal Calon Wakil Gubernur (Bakal Cawagub) Suswono juga menjanjikan, sejumlah solusi untuk menyelesaikan masalah yang ada di Jakarta, seperti banjir, polusi, dan kemacetan. Disamping itu, RK pun siap untuk menjadi seorang pemimpin yang adil untuk semua.

"Kami (siap) menghadirkan hal-hal baru, lompatan-lompatan baru pascaJakarta tidak lagi (menjadi) ibu kota, (kami) ingin (Jakarta) melompat menjadi kota global," yakin RK.

Ridwan Kamil berharap, dirinya bersama Suswono dapat diterima baik oleh warga Jakarta.

"Kami berdua datang dengan pengalaman mudah-mudahan bisa berkenan (diterima) warga Jakarta," RK menutup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ridwan Kamil Minta Doa ke Ibunda Sebelum Daftar Pilkada Jakarta 2024

Ridwan Kamil-Suswono Resmi Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024
Keduanya juga terlihat memakai celana batik dan kopiah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Ridwan Kamil-Suswono mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta untuk maju di pemilihan gubernur (pilgub) Jakarta 2024 pada hari ini, Rabu (28/8/2024).

Sebelum mendaftarkan diri ke KPU Jakarta, bakal cagub Ridwan Kamil meminta doa kepada orangtuanya pada Selasa 27 Agustus 2024.

"Kami dari tadi malam juga sudah mendapatkan dukungan moril, saya pribadi dari ibu saya. Mendoakan agar hari ini diberi kelancaran dan kemudahan tim kami juga kompak belanja biar barengan," kata Ridwan Kamil, Jakarta, Rabu.

Sementara itu, saat tiba di KPU Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono mereka terlihat tersenyum semringan dan dengan ramah menyapa para simpatisan dan pendukung yang mengawal kedatangannya.

Setelah tiba di Kantor KPU Provinsi Jakarta untuk mendaftar Pilkada 2024, keduanya langsung mengisi buku daftar hadir. Terlihat jajaran komisioner KPU menyambut dan membawanya ke ruang auditorium untuk mendafarkan diri secara resmi.

 


Ridwan Kamil-Suswono Bawa Slogan Jakarta Baru di Pilkada 2024

Ridwan Kamil-Suswono Resmi Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024
Penamaan tersebut disepakati oleh seluruh anggota koalisi partai politik pendukung Ridwan Kamil-Suswono. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta Ridwan Kamil dan Suswono menggunakan kata 'Rido' untuk singkatan nama keduanya, bukan 'Rawon'. Hal itu disampaikan Ridwan Kamil saat pendaftaran ke KPU Provinsi Jakarta, Rabu (28/8/2024).

"Dalam kesempatan ini kami menyampaikan juga nama pasangan kami adalah Rido, singkatan dari Ridwan-Suswono, bukan Rawon. Mohon izin. Semata-mata kami sangat berharap ada Ridho Allah subhanahu wa ta'ala dalam niat baik kami membangun bangsa ini," kata Ridwan Kamil.

Dia menyebut, akan membawa slogan Jakarta Baru. Dia berharap, slogan tersebut bisa membawa Jakarta lebih maju.

"Slogan kami adalah Jakarta Baru, Karena Jakarta sudah tidak lagi sebagai ibu kota Indonesia sehingga membutuhkan Imajinasi baru, membutuhkan definisi baru, kota ini yang luar biasa sebagai pusat Indonesia akan dibawa kemana dengan cara apa," ujar Ridwan Kamil.

"Kami akan mendefinisikan Jakarta Baru ini dengan partisipatif semua yang mencintai Jakarta, kami ingin dengar aspirasinya untuk menjadikan sama-sama sebuah rencana cetak biru masa depan Jakarta, dari Jakarta Baru menuju Jakarta Maju Kira-kira begitu," ujar dia.

Selain itu, jika dia dan Suswono diberi kesempatan memimpin Jakarta maka akan memastikan anak-anak Jakarta mendapatkan hak dalam berpendidikan.

"Kita harus membangun sumber daya manusia Yang berkualitas Karena mimpi 21 tahun lagi Indonesia emas Harus dimulai dari sekarang untuk menghadirkan Anak-anak generasi baru generasi muda Jakarta yang siap menyambut Indonesia emas," kata Ridwan Kamil.

Infografis Menakar Bakal Calon Pilkada Jakarta dan Pilgub Jateng KIM Plus vs PDIP. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menakar Bakal Calon Pilkada Jakarta dan Pilgub Jateng KIM Plus vs PDIP. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya