Berhasil Kurangi Pengangguran di Cilegon, Wali Kota Helldy Raih Penghargaan Merdeka Awards 2024

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menerima penghargaan pada ajang Merdeka Awards 2024 yang digelar Merdeka.com di SCTV Tower Jakarta, Kamis, 19 September 2024,

oleh Gilar Ramdhani pada 19 Sep 2024, 20:33 WIB
Diperbarui 19 Sep 2024, 20:38 WIB
Berhasil Kurangi Pengangguran, Wali Kota Helldy Raih Penghargaan Merdeka Awards 2024
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengucapkan terima kasih kepada tim Merdeka Awards atas apresiasi dan penghargaan

Liputan6.com, Jakarta Keberhasilan Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mengurangi angka pengangguran di Cilegon mengantarkan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menerima penghargaan pada ajang Merdeka Awards 2024 yang digelar Merdeka.com di SCTV Tower Jakarta pada Kamis 19 September 2024.

Di Cilegon, Helldy meluncurkan program strategis seperti penempatan kerja ke luar negeri dan pemagangan di industri. Program ini dianggap sebagai solusi inovatif yang mendukung penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat Cilegon.

Helldy Agustian mengaku terkejut sekaligus bangga atas penghargaan yang diterimanya.

"Ini merupakan kejutan besar bagi kami. Kami berterima kasih kepada tim Merdeka Awards yang telah memperhatikan program-program di Kota Cilegon," ujar Helldy.

Helldy menyoroti program penempatan kerja di luar negeri sebagai salah satu langkah pemerintah dalam mengatasi pengangguran.

"Selain program penempatan kerja di luar negeri, kami juga fokus pada peningkatan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), serta program pemagangan pada industri di Kota Cilegon," jelasnya.

Helldy menyebutkan Kota Cilegon memiliki potensi besar dengan 322 industri dan 121 Penanam Modal Asing (PMA). Pemerintah Kota terus berkolaborasi dengan pihak industri untuk memaksimalkan peluang kerja bagi masyarakat. 

"Jika tenaga kerja dari Korea dan Jepang bisa bekerja di Cilegon, maka masyarakat Cilegon juga harus punya kesempatan bekerja di sana," tambah Helldy dengan optimistis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penghargaan Jadi Motivasi Tingkatkan Pelayanan Publik

Helldy mengucapkan terima kasih kepada tim Merdeka Awards atas apresiasi dan penghargaan yang diberikannya.

"Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Cilegon," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama CEO Kapanlagi Youniverse (KLY), Steve Christian, menyampaikan apresiasinya kepada para penerima penghargaan. 

"Ini adalah mimpi Merdeka.com untuk memberikan penghargaan kepada orang-orang yang telah bekerja keras tanpa pamrih," kata Steve.

Ia juga menekankan bahwa Merdeka Awards 2024 memberikan apresiasi kepada 32 penerima penghargaan, termasuk 6 tokoh inspiratif.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Merdeka.com, Darojatun menambahkan bahwa Merdeka Awards tahun ini sudah memasuki tahun ke-4. 

"Kami memberikan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada individu dan institusi yang telah menginspirasi banyak orang," ucapnya.

Darojatun juga berterima kasih kepada tim yang menjaga integritas ajang ini, meskipun tantangan di era media sosial dan event hybrid semakin besar. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Cilegon pada tahun 2020 lalu mencapai 12,69 persen. Tahun 2021 mengalami penurunan menjadi 10,13 persen, pada tahun 2022 kembali turun menjadi 8,10 persen dan terhitung November 2023 menjadi 7,25 persen atau turun sebesar 5,44 persen, yakni dari 12,69 menjadi 7,25 persen.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya