Saat Salat Jumat, Ambulans Masjid Assalam Depok Alami Kebakaran

Ketua DKM Masjid Assalam, Aminuddin mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi saat jamaah Masjid Assalam sedang melaksanakan salat Jumat.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 20 Sep 2024, 15:35 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2024, 15:31 WIB
Kobaran api yang membakar mobil ambulance pada peristiwa kebakaran rumah warga yang berdekatan dengan Masjid Assalam, Cilodong, Depok (Istimewa)
Kobaran api yang membakar mobil ambulance pada peristiwa kebakaran rumah warga yang berdekatan dengan Masjid Assalam, Cilodong, Depok (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran terjadi di samping Masjid Assalam yang berada di Jalan Tole Iskandar, Cilodong, Depok. Peristiwa tersebut mengejutkan para jamaah masjid yang sedang melaksanakan salat jumat di Masjid Assalam.

Ketua DKM Masjid Assalam, Aminuddin mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi saat jamaah Masjid Assalam sedang melaksanakan salat Jumat. Saat kejadian, Aminuddin mendengar suara layaknya rintikan hujan.

“Iya kebakaran kejadiannya di samping masjid saat salat Jumat rakaat pertama,” ujar Aminuddin, Jumat (20/9/2024)

Diduga titik api berasal dari rumah yang bersebelahan dengan Masjid Assalam. Jamaah yang mengetahui terjadinya kebakaran, langsung berhamburan keluar masjid dan berusaha membantu memadamkan api yang menyambar ke bagian samping masjid.

“Yang terbakar rumah, kalau masjid yang terkena mobil ambulans,” jelas Aminuddin.

Selain membakar mobil ambulans, api turut membakar kanopi dan air conditioner (AC). Beruntung bagian dalam masjid tidak turut terbakar pada peristiwa kebakaran yang menghanguskan satu rumah warga.

Tidak lama berselang, lanjut Aminuddin, petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok mulai berdatangan. Petugas langsung berusaha memadamkan api untuk tidak menyambar bangunan masjid maupun bangunan di sekitar lainnya.

“Padamnya setelah ada Damkar, setengah jam api padam,” ucap Aminuddin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kerahkan 6 Unit Damkar

Sementara, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Adnan Mahyudin membenarkan telah terjadi kebakaran sebuah rumah yang berdekatan dengan Masjid Assalam. Pihaknya telah mengerahkan enam unit mobil untuk memadamkan api.

“Informasinya rumah yang terbakar,” ujar Adnan kepada Liputan6.com.

DPKP Kota Depok menerima laporan kebakaran pada pukul 12.20 WIB dan sesampainya di lokasi langsung berusaha memadamkan api. Adapun luas area yang terbakar sekitar 30 x 200 meter dan satu buah mobil ambulans.

“Iya ada satu mobil ambulans masjid yang terbakar,” terang Adnan.

Sekitar pukul 13.20 WIB api yang membakar rumah warga dan satu mobil Ambulance berhasil dipadamkan. Selain itu, DPKP Kota Depok berhasil mengevakuasi empat orang penghuni rumah yang terdiri tiga pria dan satu perempuan.

“Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” ungkap Adnan.


Antisipasi

DPKP Kota Depok meminta warga dapat mengantisipasi potensi terjadinya kebakaran. Apabila warga ingin meninggalkan rumah, dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu pada penggunaan listrik untuk mencegah terjadinya korsleting listrik.

“Pastikan potensi yang dapat menimbulkan terjadinya kebakaran dapat kita minimalisir,” pungkas Adnan.

Infografis Destinasi Wisata Urban
Wisata urban adalah wisata yang menjadikan ruang-ruang publik kota dan pengalaman hidup di perkotaan sebagai atraksi utama. (Dok: Liputan6.com/Trisyani)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya