Imigrasi Soekarno-Hatta Layani 10,8 Juta Penumpang Internasional Selama 2024

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mencatat sebanyak 10,8 juta penumpang penerbangan internasional selama tahun 2024.

oleh Tim News diperbarui 22 Sep 2024, 05:04 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2024, 05:04 WIB
Imigrasi Aktifkan 24 Autogate Baru di Kedatangan Internasional Bandara Soetta
Contoh kecanggihan di bandara Abu Dhabi, Imigrasi Indonesia datangkan kembali 24 mesin auto gate di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kedatangan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Sehingga total hingga akhir tahun 2023, akan ada 50 Autogate di kedatangan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mencatat sebanyak 10,8 juta penumpang penerbangan internasional melintasi Bandara Soeta sepanjang 2024.

"Bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani hingga 44.402 pelintas internasional setiap harinya. Imigrasi memiliki peran vital dalam pengawasan perlintasan orang keluar-masuk Indonesia," ujar Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Bismo Surono, seperti dikutip dari Antara, Minggu (22/9/2024).

Jumlah pelintas yang mencapai lebih dari 10 juta orang ini menjadikan Bandara Soetta sebagai bandara tersibuk di Indonesia. Berbeda dengan Bandara Ngurah Rai di Bali yang banyak melayani wisatawan. Bandara Soekarno-Hatta melayani pelintas dengan berbagai kebutuhan, mulai dari bisnis, investasi, hingga perhelatan internasional.

Bismo menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal Imigrasi telah mengadopsi teknologi 'autogate' untuk mempermudah proses pemeriksaan. Saat ini, Bandara Soekarno-Hatta memiliki 78 autogate yang tersebar di terminal internasional.

Di Terminal 2 Keberangkatan Internasional terdapat lima autogate reguler, begitu juga di Terminal 2 Kedatangan Internasional. Sementara di Terminal 3 Keberangkatan terdapat 16 autogate reguler dan dua autogate khusus penyandang disabilitas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jumlah Autogate

Terminal 3 Bandara Soetta Siap Melayani Penerbangan Internasional
Petugas saat melintas menggunakan eskalator di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (24/04). Terminal 3 ini dilengkapi sejumlah fasilitas seperti 64 konter imigrasi dan 30 autogate imigrasi. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Selain itu, Terminal 3 Kedatangan Internasional memiliki 52 autogate reguler dan dua autogate disabilitas, dan jumlah ini akan terus ditambah.

Pada September 2024, sekitar 54-57 persen pelintas internasional telah menggunakan fasilitas autogate ini.

"Penggunaan autogate ini menunjukkan komitmen imigrasi dalam mendukung digitalisasi sistem keimigrasian, mengikuti perkembangan teknologi. Kami terus melakukan sosialisasi agar lebih banyak pelintas, termasuk warga asing dan anak-anak di atas enam tahun, dapat memanfaatkan fasilitas ini," tambah Bismo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya