Natalius Pigai Kembali Ikut Pembekalan di Hambalang, Tanpa Didampingi Sopir

Ia mengatakan, kehadiran tanpa sopir bukan ingin menunjukkan sesuatu hal. Memang, sejak dulu kondisi hidupnya sederhana, termasuk rumah yang dihuni pun masih berstatus ngontrak.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 17 Okt 2024, 08:50 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 08:49 WIB
Natalius Pigai
Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai kembali hadir di Padepokan Garda Yaksa Hambalang pada Kamis (17/10/2024). (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai kembali hadir di Padepokan Garda Yaksa Hambalang pada Kamis (17/10/2024). Kedatangan untuk mengikuti pembekalan materi sebagai calon penghuni kabinet di pemerintahan Prabowo-Gibran. Menariknya, Natalius Pigai berkendara seorang diri tanpa ditemani sopir.

"Saya tidak pernah pakai sopir. Sejak Komnas HAM hingga saat ini belum punya sopir. Memang belum punya," kata Pigai di lokasi, Kamis (17/10/2024).

Ia mengatakan, kehadiran tanpa sopir bukan ingin menunjukkan sesuatu hal. Memang, sejak dulu kondisi hidupnya sederhana, termasuk rumah yang dihuni pun masih berstatus ngontrak.

"Saya tidak buat-buat, saya apa adanya. Sampai sekarang rumah saya kontrakan," ujar dia.

Hingga pukul 08:35, terpantau sejumlah calon menteri maupun calon wakil menteri pun berdatangan. Di antaranya, Aminudin, Diana Kusumastuti, Bambang Eko Suhariyanto, Ribka Haluk, Kartika Wirjoatmodjo, Thomas Djiwandono, Isyana Bagoes Oka, Romo syafi’i, Viva Yoga, Bima Arya, Dyah Roro, Sudaryonodan Ferry Juliantono.

Ditemui di lokasi, Bambang Eko Suhariyanto mengaku pembekalan akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Bambang turut mempersiapkan berbagai peralatan alat tulis untuk mencatatkan hal-hal penting yang akan disampaikan oleh pemateri.

"Persiapan alat tulis apa dan sebagainya," kata dia di lokasi, Kamis.

Bambang mengaku tak mengetahui secara detail materi yang akan dibeberkan hari ini. Namun, yang pasti salah satu pengisi materi adalah Prabowo Subianto.

"Kita belum tau yang jelas pertama itu ada pengarahan dari Pak Prabowo setelah itu kita belum tahu," ujar dia.

Pun demikian dengan Ribka Haluk. Dia irit bicara saat ditanyai soal kehadirannya kali ini

"Ya nanti kita mengikuti Bimtek," ucap dia.

Sementara itu, Thomas Djiwandono mengatakan, tidak ada persiapan khusus. Dia hadir diundang untuk mendengarkan amanah Prabowo Subianto.

"Dah nanti kita bicara lagi ya, nanti aja. Saya di sini datang sebagai tamu," tandas dia.

Tak Ada Kader PDIP

Deretan Tokoh yang Bakal Isi Posisi Wakil Menteri atau Kepala Badan pada Pemerintahan Prabowo
Budi Arie Setiadi. Saat ini ia menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia. Sebelumnya, Budi Arie Setiadi menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia (2019–2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan, tidak ada kader PDI Perjuangan (PDIP) yang ikut pembekalan calon menteri Presiden terpilih Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, pada hari ini, Rabu (16/10/2024).

Dia menyebut, yang terlihat hadir pada acara pembekalan hanyalah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

"Enggak ada (kader PDIP), Pak Budi Gunawan saja tadi," kata Budi Arie usai mengikuti pembekalan calon menteri di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Rabu malam.

Lebih lanjut, Budi menambahkan, materi yang disampaikan Prabowo terkait tantangan negeri ke depan, masalah geopolitik, geoekonomi, dan geostrategis yang terus mengalami dinamika sangat krusial.

"Termasuk juga tadi ditutup bagaimana dengan program pangan dan nutrisi untuk keluarga kita, dan ini sesuai dengan janji Pak Presiden untuk memberi makan bergizi," ucapnya.

"Pokoknya disampaikan oleh Pak Prabowo, pidato dibekali oleh bapak presiden, memang beliau memberikan paparan-paparan bagaimana tantangan kita ke depan," sambungnya.

Lebih lanjut, Budi Arie mengatakan, Wakil Presiden terpilih RI Gibran Rakabuming Raka hanya diam saat pembekalan calon menteri di Hambalang. Gibran bersama seluruh calon menteri lainnya hanya mendengarkan arahan dari Prabowo.

"Enggak (menyampaikan arahan) Mas Gibran, (hanya) hadir penuh dari jam 08.00 WIB pagi," kata Budi Arie.

"Enggak (ada arahan dari Gibran), mendengarkan seperti kami," sambungnya. 

Infografis

Infografis Prabowo Gelar Audisi Para Calon Menteri. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Prabowo Gelar Audisi Para Calon Menteri. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya