Kampung Monyet Dirazia, 29 Monyet dan Pawangnya Diamankan

Setelah dirazia, monyet beserta pawangnya dibawa ke Kantor Wali Kota Jakarta Timur untuk didata.

oleh Liputan6 diperbarui 29 Okt 2013, 10:07 WIB
Diterbitkan 29 Okt 2013, 10:07 WIB
topeng-monyet-131027-b.jpg
Pemerintah Kota Jakarta Timur kembali merazia monyet yang masih beroperasi. Kali ini, Kawasan Kampung Monyet menjadi sasaran razia.

Puluhan Petugas Satuan Polisi Pamong Praja tiba di Kampung Monyet, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur. Setibanya di lokasi, Wali Kota Jakarta Timur Krisdianto yang juga ikut dalam razia ini masuk ke rumah warga.

Warga yang kedapatan masih memiliki monyet langsung diminta membawa ke mobil Satpol PP untuk diamankan ke Kantor Wali Kota.

Wali Kota Jakarta Timur Krisdianto mengatakan, dalam razia kali ini, tak kurang dari 29 monyet berhasil terjaring razia. "Hari ini ada 29 monyet dan pawangnya yang kita razia," katanya saat ditemui di lokasi, Selasa (29/10/2013).

Menurut Krisdianto, razia ini sesuai dengan kebijakan Gubernur DKI Jakarta terkait Jakarta Bebas Monyet 2014. Semua lokasi di Jakarta Timur, kata Krisdianto, sudah dirazia dan diamankan.

"Setelah dirazia, monyet ini akan diperiksa kesehatannya. Apakah masih mengidap penyakit atau tidak," lanjutnya.

Setelah dirazia, monyet beserta pawangnya dibawa ke Kantor Wali Kota Jakarta Timur untuk didata. Pendataan ini juga berkaitan dengan uang kerohiman yang akan diberikan.

"Untuk setiap monyet, pemiliknya akan diberikan uang kerahiman Rp 1 juta. Sedangkan, pawangnya akan diberi pelatihan oleh Suku Dinas Sosial Jakarta Timur untuk diberi pelatihan dan disalurkan," tandasnya. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya