Wamenkes: Penyelenggara Pekan Kondom Nasional Bukan Kemenkes

Kementerian Kesehatan menegaskan tidak pernah menggagas kegiatan Pekan Kondom Nasional. Kemenkes meminta kegiatan ini distop.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 04 Des 2013, 15:41 WIB
Diterbitkan 04 Des 2013, 15:41 WIB
kondom-infeksi130802b.jpg
Pekan Kondom Nasional (PKN) menjadi polemik setelah sejumlah pihak menyatakan penolakan terhadap kegiatan pembagian kondom gratis di acara itu. Namun, Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron mengatakan tidak ada bagi-bagi kondom di PKN.

"Kementerian Kesehatan tidak setuju seperti itu. Kita sudah konfirmasi di lapangan, katanya (bagi-bagi kondom) itu tidak ada," ujar Ali di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (4/12/2013).

Bahkan, lanjut Ali, Kementerian Kesehatan bukanlah penyelenggara dari acara PKN. "Perlu diketahui bahwa Penyelenggara dari PKN itu bukan Kementerian Kesehatan jadi itu perlu diketahui. Jadi ini bukan aturan dari Kemenkes," tegasnya.

Sebelumnya, PKN dikatakan digagas Kemenkes dan dilaksanakan oleh Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) serta salah satu produsen kondom. PKN dilaksanakan 1-7 Desember 2013 sebagai rangkaian peringatan Hari AIDS se-Dunia di Indonesia.

Namun, karena menuai kontroversi, Kemenkes telah meminta agar kegiatan itu distop. Bahkan bus bertulisan 'Pekan Kondom Nasional' juga diminta berhenti beroperasi. (Ado/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya