[VIDEO] 60 Unit Bus Transjakarta asal China Tiba di Tanjung Priok

Bus ini dilengkapi fasilitas seperti kamera CCTV, tabung pemadam kebakaran dan palu pemecah kaca darurat.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 08 Des 2013, 08:58 WIB
Diterbitkan 08 Des 2013, 08:58 WIB
busway-baru-131208a.jpg
Pembenahan moda transportasi massal di ibukota terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Setelah memulai proyek Mass Rapid Transit (MRT) Pemprov DKI Jakarta juga mendatangkan 60 unit armada bus Transjakarta dari China. sebagai tahap awal, sebanyak 29 unit bus gandeng Transjakarta yang didatangkan dari Cina ini telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kehadiran armada baru bus Transjakarta ini diharapkan mengurangi antrian penumpang di sejumlah halte pada jam-jam sibuk. Seperti yang ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, 29 unit bus Transjakarta itu tiba di Jakarta pada Jumat, 6 Desember 2013 lusa. Sementara 31 unit bus gandeng lainnya akan menyusul.

Setibanya di Jakarta, bus-bus tersebut terlebih dahulu dilakukan pengecekan awal, baru setelah itu bus-bus Transjakarta ini dibawa ke pool PPD di kawasan Ciputat untuk inspeksi terakhir sebelum rencananya akan langsung dioperasikan pada bulan Desember ini.

Lalu seperti apa spesifikasi bus baru tersebut? Secara keseluruhan hampir sama dengan bus Transjakarta yang sudah ada. Namun ada beberapa penambahan fasilitas seperti kamera CCTV, tabung pemadam kebakaran, dan palu pemecah kaca darurat.

Untuk jumlah muatan penumpang, bus yang diproduksi oleh PT Ankai ini mampu menampung sebanyak 159 penumpang yang terbagi ke dalam 40 tempat duduk dan 119 penumpang lainnya berdiri.

Untuk kondisi fisik bus, PT San Abadi, selaku agen tunggal distributor dari PT Ankai menjamin jika 60 unit bus gandeng yang didatangkan dari China tersebut merupakan produk baru atau bukan barang bekas. Kehadiran bus-bus Transjakarta gandeng ini diharapkan bisa memperbaiki pelayanan dan mengurangi antrean panjang di halte Transjakarta akibat kurangnya jumlah armada bus.

Penambahan armada bus Transjakarta ini merupakan salah satu janji Jokowi-Ahok untuk mengurai kemacetan di Jakarta. Jokowi menargetkan sampai akhir tahun 2013 ini sebanyak 450 unit bus Transjakarta baru akan datang dan mulai beroperasi. (Luq/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya