Coba Tips Keringkan Rambut Tanpa Pakai Hair Dryer

Cara-cara ini dinilai cukup mudah untuk Anda lakukan guna membantu mengeringkan rambut setelah keramas.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Feb 2021, 19:00 WIB
Diterbitkan 25 Feb 2021, 19:00 WIB
3 Tips Membuat Rambut Kamu Tumbuh dengan Cepat
Ilustrasi penggunaan hairdryer. (via: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang menyarankan untuk mengeringkan rambut bukan dengan alat pengering atau hair dryer. Namun, mengeringkan rambut dengan mengandalkan udara saja sangat menghabiskan waktu terlebih jika Anda sedang terburu-buru. Butuh waktu beberapa jam untuk mengeringkannya, apalagi jika Anda memiliki rambut tebal.

Selain itu, rambut yang terasa lembab dan dibiarkan berlama-lama itu tidak baik karena akan menyebabkan rambut kusut dan tidak kuat.

Namun, untuk mengatasi masalah rambut yang Anda mengharuskan untuk mengeringkannya dengan cepat – di samping tidak menggunakan alat pengering – berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Melansir laman Times of India, Kamis (24/2/2021), cara-cara ini dinilai cukup mudah untuk Anda lakukan guna membantu Anda mengeringkan rambut setelah keramas.

1. Jangan lewatkan penggunaan kondisioner

Mengikat rambut basah atau menggunakan handuk justru bisa menarik rambut sampai ke akar sehingga dapat menyebabkan rambut rontok atau patah.

Jika Anda ingin menghindarinya, Anda perlu mengondisikan rambut yang baik saat keramas. Dengan menggunakan kondisioner setelah keramas dapat membantu menutup kutikula dan membuat lapisan.

Hal itu dapat melapisi rambut Anda untuk melindungi dan mengurangi rambut supaya tidak kusut. Selain itu, ingatlah untuk selalu menyisir rambut pada saat menggunakan kondisioner agar merata ke seluruh rambut Anda.

2. Gunakan air dingin untuk membilas kondisioner.

Pastikan Anda mencuci rambut dengan air dingin setelah mengaplikasikan kondisioner. Dengan air hangat, dapat membuka kutikula rambut yang kemudian baik untuk penyerapan.

Setelah itu, barulah bilas kondisioner dengan air dingin untuk menutup kutikula tersebut. Selain dapat menutup kutikula, kondisioner pun dapat membuat rambut berkilau.

Setelah membilas rambut Anda, keringkanlah dengan handuk dan selanjutnya pakailah kondisioner tanpa bilas untuk lebih mengurai rambut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Keluar kamar mandi lebih cepat

Tips Agar Rambut Tetap Sehat Meski Terkena Hairdryer Tiap Hari
Paparan panas hairdryer bisa buat rambut rusak, rawatlah dengan cara ini. (Foto: unsplash.com)

Jangan terlalu berlama-lama di dalam kamar mandi saat Anda hendak mengeringkan rambut. Pergilah ke ruangan yang hangat dan kering agar proses pengeringan rambut lebih cepat.

4. Beralih ke handuk mikrofiber

Banyak orang yang sering menggunakan handuk tebal saat mandi atau bahkan saat mengeringkan rambut.

Ketika Anda ingin cepat mengeringkan rambut, baiknya gunakanlah handuk yang berserat. Handuk seperti itu memiliki bahan yang lebih lembut dan dapat menyerap lebih banyak air dibandingkan handuk biasa.

Dengan begitu, tentu dapat mempercepat proses pengeringan rambut. Gunakan gerakan mengetuk di samping gerakan menggosok saat berusaha mengeringkan rambut.

5. Semprotkan sedikit hair mousse

Semprotkanlah hair mousse pada rambut Anda yang lembap. Bahan beralkohol seperti hair mousse itu dinilai dapat membantu mempercepat pengeringan rambut. Produk itu pun dapat mencegah rambut mengembang atau kusus saat sudah kering.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya