Jangan Harap Menangkan Adu Argumen Jika Tak Punya Keterampilan Ini, Apa Saja?

Keterampilan mendengarkan yang baik meningkatkan kredibilitas dan membuat Anda terdengar percaya diri.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 05 Agu 2023, 13:04 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2023, 13:04 WIB
Ilustrasi debat, diskusi
Ilustrasi debat, diskusi. (Photo created by pressfoto on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Seseorang yang memenangkan argumen dan pandai berdebat tidak hanya mampu berbicara, tapi juga menjadi pendengar yang baik.

Keterampilan mendengarkan yang baik meningkatkan kredibilitas dan membuat Anda terdengar percaya diri. Namun, sangat sedikit orang yang pandai dalam hal itu. Mereka mudah teralihkan, mulai merencanakan hal yang akan dikatakan, atau lebih buruk lagi, memotong pembicaraan orang lain dan mengoceh.

Dalam sebuah buku “Win Every Argument: The Art of Debating, Persuading, and Public Speaking”, ada dua uraian tentang jenis mendengarkan untuk dikuasai, yaitu mendengarkan secara kritis dan mendengarkan dengan empatik.

1. Mendengarkan secara kritis

Ini membutuhkan penyerapan, pemahaman, dan evaluasi informasi yang diberikan kepada Anda oleh pembicara secara real-time. “Apakah itu benar atau salah?” “Apakah itu masuk akal atau tidak?” “Dapatkah saya memercayai atau memercayai apa yang saya dengar?”.

Inilah cara menjadi pendengar yang kritis:

Tetap berpikiran terbuka

Saat Anda berdebat melawan lawan, jangan langsung berasumsi bahwa semua yang mereka katakan salah, konyol, atau dungu.

Dengarkan poin-poin valid atau garis-garis cerdas yang kemudian harus Anda tanggapi atau akui dalam komentar Anda sendiri.

Anda harus percaya diri dengan argumen sendiri, tetapi juga tetap berpikiran terbuka untuk melihat kekuatan lawan atau kelemahan Anda.

Jangan mengosongkan pikiran

Jangan melamun atau tertidur saat orang lain di sekitar Anda berbicara dan menganjurkan. Ini merusak kredibilitas Anda.

Anda harus berusaha untuk fokus. Dengan mendengarkan secara kritis lawan dan bersiap untuk menangkap klaim yang salah, Anda dapat menyiapkan tanggapan yang sangat bagus, dan memenangkan argumen Anda.

Ambil catatan

Mendengarkan dengan kritis mendapat manfaat dari pikiran yang tajam dan ingatan yang baik. Keduanya dapat didukung oleh pencatatan kuno yang baik. Beberapa orang paling sukses di planet ini adalah pencatat yang teliti.

Miliarder Inggris Richard Branson, yang mengatakan dia membaca lusinan buku catatan setahun, menulis tentang sebuah konferensi di London di mana dia berbagi panggung dengan Bill Gates. Menurut Branson, saat Gates “memberikan pidato penutup ... dia mengeluarkan beberapa lembar kertas dari sakunya”.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Mendengarkan dengan empati

Macam-Macam Debat
Ilustrasi Berdebat Credit: pexels.com/fauxels

Ini tentang terhubung dengan pembicara dan mencoba melihat dunia melalui mata mereka. Tujuannya adalah untuk fokus pada pandangan mereka dan untuk memahami dari mana mereka berasal.

Berikut adalah tiga strategi paling berguna:

Beri perhatian

Jelaskan kepada pembicara lain, dan kepada mereka yang menonton dan mendengarkan, bahwa Anda fokus pada pembicara lain.

“Tenangkan monolog batin Anda, sisihkan perangkat Anda, dan arahkan perhatian Anda ke orang lain,” kata Ximena Vengoechea, penulis “Listen Like You Mean It: Reclaiming the Lost Art of True Connection”.

Pastikan perhatian Anda 100% bukan pada diri Anda sendiri.

Membuat kontak mata

Kontak mata penting sebagai sarana untuk menunjukkan empati dan membangun ikatan emosional yang dalam.

Sebuah penelitian dokter dan pasien menemukan bahwa kontak mata “secara signifikan terkait dengan persepsi pasien terhadap empati dokter”.

Studi lain tentang pembicara publik menemukan “peserta lebih cenderung mempercayai pernyataan pembicara yang melihat mereka secara langsung, dibandingkan dengan pembicara yang mengalihkan pandangan”.

Ajukan pertanyaan yang tepat

Ajukan pertanyaan kepada lawan bicara Anda yang memungkinkan mereka mengarahkan percakapan, lalu ajukan pertanyaan lanjutan yang menunjukkan bahwa Anda mendengarkan jawaban mereka.

Pilih pertanyaan terbuka daripada tertutup, dan pertanyaan yang membutuhkan tanggapan pribadi dan pertimbangan daripada jawaban satu kata “ya” atau “tidak”.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya