2.083 Ducati Panigale Ditarik Gara-gara Saklar

Kerusakan pada komponen saklar tersebut disebabkan karena saklar tidak bisa menerima arus listrik dari sambungan dashboard.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 07 Mei 2014, 17:35 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2014, 17:35 WIB
Sejumlah 2.083 Ducati Panigale Ditarik Karena Masalah Saklar
Kerusakan pada komponen saklar tersebut disebabkan karena saklar tidak bisa menerima arus listrik dari sambungan dashboard.

Liputan6.com, California - National Highway traffic Safety Association (NHTSA) atau Lembaga Keselamatan Lalu Lintas Amerika Serikat melalui surat edaran  bernomor 14V166000 mengumumkan adanya penarikan (recall) kepada para pemilik Ducati 1199 Panigale dan 1199 Panigale S.

Recall tersebut dilakukan pada motor yang diproduksi pada periode antara 14 Februari 2013 sampai 11 Maret 2013.

Sebanyak 2.083 Panigale dan Panigale S disinyalir mengalami masalah pada saklar setang sebelah kiri yang terkadang sulit difungsikan atau malah tidak dapat berfungsi sama sekali sehingga membahayakan pengendara.

Kerusakan pada komponen saklar tersebut disebabkan karena saklar tidak bisa menerima arus listrik dari sambungan dashboard. Akibatnya, semua indikator tidak menjadi tidak bekerja secara normal, seperti dikutip dari Autoevolution, Rabu (7/5/2014).

Fitur yang terdapat pada perangkat saklar sebelah kiri tersebut meliputi klakson, menu pada layar instrumen, lampu sen serta lampu dim yang dapat meningkatkan resiko kecelakaan. Pihak NHTSA menegaskan masalah ini harus selesai agar tidak terjadi kecelakaan.

Ducati meminta kepada konsumennya untuk mengunjungi diler resmi terdekat, guna memasang kabel tambahan. Pengecekan dan pemasangan ini tidak dipungut biaya apapun oleh pihak Ducati.

Recall pada Ducati Panigale 1199 dan Panigale S ini akan dimulai pada 16 Mei 2014 mendatang. Belum ada kabar lebih lanjut mengenai Ducati Panigale yang dijual di luar kawasan Amerika Utara apakah juga terjadi masalah tersebut atau tidak. (Ysp/Nrm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya