Bajaj Bakal Kembangkan Mesin 800 CC Milik KTM

Bentuk kerja sama ini dilakukan KTM untuk dapat semakin menembus pasar sepeda motor di kawasan Asia.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 27 Mei 2014, 11:31 WIB
Diterbitkan 27 Mei 2014, 11:31 WIB
Bajaj Bakal Kembangkan Mesin 800 CC Milik KTM
Bentuk kerja sama ini dilakukan KTM untuk dapat semakin menembus pasar sepeda motor di kawasan Asia.

Liputan6.com, New Delhi - Kiprah pabrikan otomotif roda dua asal India semakin diperhitungkan di kancah dunia. Setelah sebelumnya BMW Motorrad bekerja sama dengan TVS mengembangkan sebuah sepeda motor entry level bergaya naked, kini gantian pabrikan sepeda motor asal India lainnya yaitu Bajaj melanjutkan koalisinya dengan KTM mengembangkan sebuah street bike.

Melansir laman Motorbeam, Senin (26/5/2014), Street bike Bajaj-KTM ini akan diproduksi pada pabrik Bajaj Auto di Chakan yang sebelumnya juga pernah menggarap motor hasil kolaborasi dengan KTM. Sepeda motor ini rencananya akan mengusung mesin berkapasitas 800 cc.

Bentuk kerja sama dari Bajaj-KTM ini juga menjadi salah satu bentuk penetrasi KTM di pasar sepeda motor Asia. Pabrikan yang berbasis di Austria ini ingin menyalip penjualan sepeda motor dari pabrikan asal Jepang dengan menggandeng salah satu pabrikan sepeda motor terkemuka Asia.

Tak hanya menggarap sepeda motor dengan kapasitas mesin 800 CC, KTM bersama Bajaj juga akan berbagi platform sepeda motor seperti Duke 390 dan Pulsar SS400.

Bentuk kerja sama antara KTM-Bajaj ini tentunya akan menguntungkan kedua pihak. KTM dapat berfokus mengembangkan sepeda motor pada segmen 800 cc hingga diatas 1 liter sehingga makin mapan, sementara sepeda motor dengan kapasitas mesin dibawah 800 CC akan dikembangkan oleh bajaj.

Dengan cara ini, pihak KTM berharap dapat merebut pasar yang dikuasai BMW S1000RR. Terlebih lagi KTM menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pabrikan asal kota Munich tersebut.

Pihak Bajaj pada kerja sama ini dapat membantu KTM merebut pasar sepeda motor dengan kapasitas 800 cc kebawah. Optimisme tersebut timbul karena BMW-TVS hanya menggarap motor dengan kapasitas mesin 250-500 cc saja sehingga ada peluang untuk mengisi segmen kosong diatas 500 cc.

Saat ini KTM telah memiliki Duke 690 di segmen dibawah 800 cc dan rencananya pabrikan tersebut akan menggantikan Duke 690 dengan Duke 790. Untuk segmen 500cc akan diisi oleh Bajaj Pulsar dengan konfigurasi mesin dua silinder.

Dengan banyaknya pengembangan Bajaj-KTM di segmen motor sport memberi pilihan tunggangan kepada para pengendara roda dua yang semakin variatif. Kita tunggu saja hasil kolaborasi dari Bajaj-KTM ini dengan hadirnya model-model motor sport anyar dengan harga terjangkau di kawasan Asia. (Ysp/Nrm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya