VW Bikin Keluarga Kodok Khusus Untuk Menjelajah

Beetle Dune ini memiliki ground clearance lebih tinggi 50 milimeter dari Beetrle versi standar.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 26 Jun 2014, 07:30 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2014, 07:30 WIB
VW Bikin Keluarga Kodok Khusus Untuk Menjelajah
Beetle Dune ini memiliki ground clearance lebih tinggi 50 milimeter dari Beetrle versi standar.

Liputan6.com, Wolfsburg - Demam kendaraan sport utility vehicle (SUV) nampaknya sedang melanda hampir seluruh pabrikan otomotif di dunia. Salah satu perusahaan yang terkena efeknya adalah Volkswagen (VW).

Pabrikan yang bermarkas di kota Wolfsburg ini sedang menggarap sebuah crossover yang mengambil basis dari New Beetle. Belum lama ini Volkswagen membocorkan versi produksi dari crossover Beetle yang diberi nama Dune.

Desain dari Beetle Dune ini memiliki ground clearance lebih tinggi 50 milimeter dari Beetrle versi standar, sementara kaki kakinya menggunakan velg besar ukuran 19 inci yang dibalut ban berjenis segala medan.

Konsep Dune sebelumnya telah diperkenalkan pada ajang Detroit Auto Show. Pada desain versi produksinya VW mengklaim Beetle Dune akan menjadi keluarga Beetle paling sporty yang pernah dibuat, seperti dilansir dari Caradvice, yang ditulis Kamis (26/6/2014).

Sayangnya, VW ternyata tidak membekali Beetle Dune dengan mesin yang paling tangguh untuk menjelajah. Beetle Dune mengusung mesin empat silinder berkapasitas 2,0 liter dengan turbocharged yang menghasilkan tenaga sebesar 207 horse power (HP).

Setidaknya mesin dari Beetle Dune memiliki performa cukup baik dengan memakai transmisi otomatis enam percepatan DSG. Mesin tersebut mampu membuat Beetle Dune berakselerasi dari kecepatan 0 sampai 100 km/jam dalam waktu 7,3 detik dan memiliki kecepatan maksimal hingga 227 km/jam.

Sebagai sebuah crossover, VW hanya membekali sistem penggerak pada Beetle Dune dengan penggerak roda depan yang dilengkapi fitur pengunci difrerensial secara elektrik. Hal ini tentunya kurang sebanding dibandingkan crossover yang diproduksi oleh pabrikan lain yang telah mengusung penggerak empat roda.

Pihak VW mengatakan kalau pabrikan ke depannya masih akan mengembangkan 'kodok penjelajah' ini agar memiliki performa yang lebih kompetitif dibanding yang ada saat ini. (Ysp/Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya