Pabrik Spin Tutup, GM Siapkan Mobil Rp 61 Juta untuk Indonesia

Mobil yang hadir dengan merek Wuling ini merupakan hasil kolaborasi GM dengan SAIC Motor Corp.

oleh Gesit Prayogi diperbarui 27 Feb 2015, 16:40 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2015, 16:40 WIB
 Masuk Indonesia, GM dan SAIC Siapkan MPV Murah Rp 61 Juta?
GM-SAIC menyiapkan Wuling, yang dijual di Tiongkok sekira 30 ribu yuan atau setara Rp 61 juta.

Liputan6.com, Bekasi - General Motors (GM) Indonesia mungkin saja menyerah untuk menjual sekaligus memproduksi Chevrolet Spin di Indonesia. Namun, pabrikan asal Amerika Serikat (AS) bakal membuat gebrakan dengan menyediakan mobil berbanderol murah, Rp 61 juta.

Ya, seperti yang diberitakan sebelumnya, mobil yang hadir dengan merek Wuling ini merupakan hasil kolaborasi GM dengan SAIC Motor Corp.

Menurut Menteri Perindustrian, Saleh Husin, pihaknya telah bertemu dengan GM-SAIC soal rencana investasi mereka untuk membangun basis produksi mobil Wuling.

"Ya saya harus cek lagi, tapi cukup besar. Memang untuk produksi kalau nggak salah 150 ribu unit per tahunnya, itu langkah awalnya," kata Saleh kepada wartawan. Saat ini, GM-SAIC masih dalam proses pembebasan lahan.

Perwakilan GM-SAIC sendiri telah mendatangi Kementerian Perindustrian pada Januari lalu untuk membahas rencana investasi mereka di industri otomotif dalam negeri. Mereka pun bakal mengguyur dana sebesar US$ 700 juta dan akan membangun pabrik di wilayah Karawang.

"Bulan lalu mereka datang ke kami. Lahan pun sudah dibebaskan di Bekasi atau Karawang gitu saya lupa," sebut Saleh.

Ya, Wuling digadang-gadang disipakan untuk bertarung di kelas Low Cost Multi Purpose Vehicle (LMPV). Praktis ditutupnya pabrik Bekasi, yang notabene basis produksi LMPV Chevrolet Spin semakin mengerucutkan fokus strategi GM di dalam negeri.

>>>Klik laman berikutnya [lawan kuat Mobilio dan Avanza]

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lawan kuat Mobilio dan Avanza

Untuk bersaing dengan Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia, GM-SAIC menyiapkan Wuling, yang dijual di Tiongkok sekira 30 ribu yuan atau setara Rp 61 juta.

"Elemen dasar (harga dan fungsionalitas) yang benar-benar bekerja di Tiongkok, dan kami percaya di bawa kepemimpinan SGMW ini (Wuling) akan sukses di Indonesia," kata Chief GM Tiongkok, Matt Tsien, seperti dilansir dari Reuters.

Trien mengatakan, Indonesia memiliki pasar potensial untuk kendaraan MPV, yang memberikan fitur kursi tiga baris dan bisa mengakomodasi 7-8 penumpang.

Namun sayang, Tsien enggan membeberkan model Wuling apa yang bakal memanaskan pasar MPV murah dalam waktu dekat. Ia pun tak bisa mengungkapkan kisaran harga untuk mobil anyar GM dan SAIC di Tanah Air.

GM dan SAIC pun akan menanamkan investasi sebesar US$ 700 juta untuk membangun pabrik yang mulai beroperasi pada 2017. Rencananya pabrik itu bisa memproduksi sebanyak 150 ribu kendaraan dalam setahun.

(Gst/Igw)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya