Mercedes-Benz Punya Truk yang Tak Minum BBM, Ini Sosoknya

Urban eTruck didukung baterai berkapasitas 212 kWh dengan jarak tempuh 200 kilometer.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 22 Sep 2016, 06:19 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2016, 06:19 WIB
Mercedes Benz Urban eTruck
Foto: Motor1

Liputan6.com, Stuttgart - Mercedes-Benz mulai melirik energi listrik sebagai sumber tenaga kendaraan komersialnya. Raksasa otomotif asal Stuttgart ini mewujudkan konsep kendaraan komersial ramah lingkungan dalam sosok Urban eTruck.

Pabrikan berlogo three pointed stars ini rencananya memperkenalkan Urban eTruck pada IAA Commercial Vehicle di Hannover, Jerman. Dikutip Motor1, truk ini jadi solusi logistik jarak dekat karena kemampuan baterai berkapasitas 212 kWh pada Urban eTruck saat ini baru 200 kilometer.

Motor elektrik pada truk ini menghasilkan tenaga maksimum 335 Tk dengan torsi 1.000 Nm yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi. Mercedes memiliki keinginan menyediakan pilihan baterai modular sesuai kebutuhan perusahaan transportasi.

Juragan truk bisa memesan baterai yang lebih kecil untuk rute jarak pendek. Sebab, terdapat dua slot apabila ingin menambah baterai ketika truk menempuh jarak jauh.

Mercedes menggarap Urban eTruck dengan bahasa desain serupa konsep Vision Van. Kedua kendaraan komersil ini menonjolkan sudut membulat dengan gaya yang lebih tradisional dikombinasikan aksen modern pada headlamp LED bergaya sipit.

Lucunya, desainer Mercedes-Benz juga memasangkan grill trapesium berukuran besar di bagian depan meskipun truk ini berjalan dengan motor listrik. Grill ini akan lebih cocok apabila dipasangkan pada truk konvensional yang memakai mesin Diesel.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya