Mau Cicil Mobil Bekas di Tengah Pandemi, Siapkan Hal Ini

Menjadi sektor yang terkena imbas pandemi Corona Covid-19, beberapa perusahaan leasing harus memperketat syarat saat konsumen hendak melakukan kredit kendaraan. Salah satunya meningkatkan down payment (DP).

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 28 Apr 2020, 15:02 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2020, 15:02 WIB
20161006-Mobil Bekas-Jakarta-Angga Yuniar
Sejumlah pengunjung melihat mobil bekas yang dijual di WTC Mangga Dua, Jakarta, Kamis (6/10). Pedagang mobil bekas di lokasi tersebut mengakui alami penurunan penjualan di bulan ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi sektor yang terkena imbas pandemi Corona Covid-19, beberapa perusahaan leasing harus memperketat syarat saat konsumen hendak melakukan kredit kendaraan. Salah satunya meningkatkan down payment (DP).

Tak hanya berlaku pada kendaraan baru, Halim, pedagang mobil bekas Langgeng Makmur menegaskan, peningkatan DP juga terjadi apabila konsumen hendak melakukan pembelian dengan sistem kredit.

"Sekarang memang ada peningkatan untuk uang muka. Tapi masih bisa beli mobil bekas dengan sistem kredit, karena memang leasing masih ada yang terima," katanya kepada Liputan6.com.

Bila biasanya konsumen bisa memilih DP mulai dari Rp5 hingga Rp10 juta, saat ini Halim menegaskan, tak ada lagi leasing yang mau mengambil resiko.

"Kalau saat ini minimal DP itu Rp15 juta ke atas. Tergantung leasingnya. Ada juga yang minta 50 persen atau 30 persen. Jadi memang kebijakan setiap leasing beda-beda," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Syarat Lainnya

Saat disinggung perubahan lain yang mungkin terjadi apabila konsumen ingin melakukan pembelian mobil bekas. Halim mengaku tak ada perubahan syarat.

"Enggak ada, sama saja seperti beli mobil sebelum adanya pandemi. Cuma memang lebih ke DP aja kalau konsumen mau beli secara kredit. Kalau belinya cash, enggak ada yang berubah," tuturnya.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya