Kenali Penyebab dan Dampak Knalpot Sepeda Motor Bocor

Knalpot bocor pasti akan menimbulkan efek pada performa kendaraan. Kenali penyebab dan efek knalpot bocor pada motor kesayangan

oleh Fahmi Rizki diperbarui 30 Jun 2021, 11:03 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2021, 11:03 WIB
Kenali kalau knalpot motor bocor
Kenali penyebab dan efek knalpot bocor pada motor

Liputan6.com, Jakarta - Problem di sepeda motor tidak hanya berkutat pada ruang mesin atau kenyamanan berkendara yang tidak mumpuni. Selain itu, ada juga permasalahan yang disebabkan dari sektor lain, seperti knalpot contohnya.

Permasalahan ini kerap terjadi ketika komponen tersebut kurang perawatan, sehingga menyebabkan adanya karat serta kotoran lain yang menempel di leher knalpot. Dengan kondisi tersebut, lama kelamaan akan menyebabkab korosi dan bahkan akan menimbulkan lubang pada leher knalpot.

Jika mengalami knalpot bocor, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pengecekan. Tidak hanya mengecek secara fisik, namun ada juga cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah knlapot motor bocor atau tidak.

Menurut Umar Bakrie, mekanik bengkel resmi Yamaha kencana Motor, Ciledug, Tangerang, ciri-ciri knalpot bocor ada suara yang dihasilkan lebih berisik dari kondisi normal.

"Biasanya, kalau knalpot bocor itu suaranya jadi lebih berisik. Beda sama kondisi knalpot yang normal," buka Umar, saat dihubungi Liputan6.

Jika knalpot motor sudah mengalami kebocoran, maka ada efek terhadap motor saat digunakan.

"Kalau knalpot bocor, biasanya tenaganya juga berkurang. Ini disebabkan karena banyak udara yang keluar melalui lubang tersebut. Kadang juga knalpot bocor itu suka terdengar suara seperti tembakan," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyebab Knalpot Bocor

Lakukan perawatan knalpot agar terhindar dari korosi
Lakukan perawatan knalpot agar terhindar dari korosi

Di samping itu, faktor yang bisa menyebabkan knalpot bocor menurut Umar ada dua kemungkinan. Ada komponen lain yang rusak di bagian leher, sampai adanya karat di bagian knalpot tersebut.

"Biasany sih dari paking knalpot yang sudah jelek atau rusak. Atau bisa juga dari leher atau kepala knalpot yang berlubang yang disebabkan karena karat," beber Umar.

Untuk meminimalisir adanya korosi pada bagian leher knalpot, pemilik motor harus melakukan beberapa perawatan. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah melakukan pembersihan secara berkala.

Kotoran yang menempel pasca berkendara hujan, biasanya menjadi penyebab karat. Hal tersebut dikarenakan kotoran yang menempel tidak lekas dibersihkan dan menempel dalam waktu yang cukup lama.


INFOGRAFIS: Waspada Anak Tertular COVID-19

INFOGRAFIS: Waspada Anak Tertular COVID-19 (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Waspada Anak Tertular COVID-19 (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya