Foxconn Mulai Bangun Proyek Kendaraan Listrik Awal 2023

Satu lagi perusahaan yang bakal menanamkan investasi di kendaraan listrik Indonesia, adalah Foxconn

oleh Arief Aszhari diperbarui 17 Nov 2022, 19:36 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2022, 19:36 WIB
foxconn-investasi-140209b.jpg
Satu lagi perusahaan yang bakal menanamkan investasi di kendaraan listrik Indonesia, adalah Foxconn

Liputan6.com, Jakarta - Foxconn menjadi salah satu perusahaan yang bakal menanamkan investasi untuk perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. Rencananya, manufaktur elektronik asal Taiwan ini akan melakukan peletakan batu pertama proyek ini pada awal 2023.

Dalam pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air, Foxconn menggandeng Gogoro, Industri Baterai Indonesia (IBC), dan Indika energy.

Nilai investasi dari proyek ini mencapai USD 8 miliar untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik dan baterai listrik.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan bahwa Foxconn akan memulai groundbreaking pada awal tahun depan.

"Mereka akan masuk ekosistem kendaraan mobil terutama bus. Yang kedua mereka akan melakukan investasi di ekosistem baterainya. Lokasinya di Batang," kata Bahlil dikutip dari Antara, Kamis (17/11/2022).

Bahlil terima lima bus listrik Foxconn-Indika untuk dukung KTT G20 Bahlil mengungkapkan bahwa sejauh ini Foxconn telah membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) dengan Indika Energy yaitu Foxconn Indika Motor (FIM) untuk memulai proyek tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukung KTT G20

Foxconn-Indika Energy juga telah menyerahkan lima unit bus listrik yang digunakan untuk mendukung perhelatan KTT G20 di Bali.

Menurut Bahlil, realisasi investasi perusahaan asal Taiwan itu akan menjadi jawaban atas proses panjang negosiasi pemerintah setelah puluhan tahun.

"Ini adalah sebagai jawaban dari sebuah proses panjang negosiasi antara pemerintah Indonesia dengan Foxconn dan ini menjalankan arahan Bapak Presiden," pungkasnya.

Infografis Mengakhiri Perang dan Kolaborasi Selamatkan Dunia di KTT G20
Infografis Mengakhiri Perang dan Kolaborasi Selamatkan Dunia di KTT G20 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya