Tak Semurah Dulu, Harga LCGC Resmi Naik 5 Persen

Harga model low cost green car (LCGC) dipastikan lebih mahal. Pasalnya, pemerintah sudah resmi menyutujui dan memberlakukan kenaikan Mobil yang diklaim murah dan ramah lingkungan ini sebesar 5 persen.

oleh Arief Aszhari diperbarui 10 Mar 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 10 Mar 2023, 13:00 WIB
Toyota Agya
All new Toyota Agya debut global dari Indonesia. (Septian/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Harga model low cost green car (LCGC) dipastikan lebih mahal. Pasalnya, pemerintah sudah resmi menyutujui dan memberlakukan kenaikan mobil yang diklaim murah dan ramah lingkungan ini sebesar 5 persen.

"Sudah ditandatangani, itu harus jalan (kenaikan harga LCGC). Sudah jalan, makanya mereka banyak memperkenalkan (model baru)," ujar Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian, saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (10/3/2023).

Jika melihat Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 33 Tahun 2013, tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2), harga harga acuan yang ditetapkan adalah sebesar Rp 95 juta. Harga tersebut kemudian direvisi dan tertuang dalam Permenperin Nomor 36 Tahun 2021, tentang Kendaraan Bermotor Roda Empat Emisi Karbon Rendah, menjadi Rp135 juta.

Dengan adanya rencana kenaikan sebesar 5 persen, maka harga patokan LCGC naik sekitar Rp6,7 juta.

"Jadi, penyesuaian harga saja dan langsung ke mereka (produsen). Tapi tetap terserah mereka, mau naikin harga atau tidak," tegas Agus.

Jadi, jika melihat aturan yang ada, maka kenaikan harga LCGC ini bisa di bawah Rp5 juta atau maksimal Rp6,7 juta sesuai dengan selling price yang sudah ditetapkan pemerintah sebesar Rp135 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Respons Gaikindo Soal Rencana Kenaikan Harga 5 Persen untuk LCGC

Family Time Lebih Sempurna Dengan Mobil Toyota Cayla
Mobil Toyota Cayla ini tipe MPV LCGC yang memiliki daya tampung 7 orang.

Pemerintah berencana untuk menaikkan harga model low cost green car (LCGC) sebesar 5 persen. Hal tersebut, ditegaskan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Namun, beberapa waktu lalu, Kepala Sub Direktorat Otomotif, Direktorat Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (Ilmatap) Kemenperin Dodiet Prasetya mengungkapkan jika kenaikan harga untuk LCGC itu Rp 5 juta bukan 5 persen.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi kemudian menanggapi pernyataan pemerintah terkait rencana kenaikan harga LCGC ini, Disebutkan, pihak asosiasi kendaraan roda empat tersebut, sudah bertemu dengan Kementerian Perindustrian, dalam hal ini Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, terkait kenaikan harga 5 persen untuk model LCGC.

"Kemarin saya menghadap pak menteri, itu kenaikan harga (5 persen) bukan pajak atau apa. Yang namanya LCGC  jadi sudah dipatok harganya tidak boleh lebih dari sekian," ujar Nangoi, di sela-sela konferensi pers Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW), di Plataran Senayan, Jakarta Pusat.

Lanjut Nangoi, kenaikan atau penyesuaian harga 5 persen merupakan batas harga jual dari produk LCGC tersebut. Dan sejatinya, untuk segmen itu juga mengacu kepada peraturan yang sudah ditentukan, yaitu Permenperin Nomor 36 Tahun 2021, kenaikannya Rp 5 juta dengan batas maksimum Rp 6 jutaan.

"Ini kan udah sekian tahun yang lalu (harga LCGC belum naik), air saja naik, mie naik semuanya. Ini sudah megap-megap. Jadi kemarin diskusi dengan kementerian, akhirnya menteri bilang dikasih slot untuk bisa naik harga jualnya," tegas Nangoi. 

Cara Pindah Dari TV Biasa Ke TV Digital
Infografis Cara Pindah Dari TV Biasa Ke TV Digital
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya