Produksi dan Ekspor Suzuki Naik Tipis Sepanjang Januari hingga Juni 2023

Suzuki global mengklaim pencapaian produksi, penjualan dan ekspor yang meningkat sepanjang Januari hingga Juni 2023

oleh Arief Aszhari diperbarui 05 Agu 2023, 10:03 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2023, 10:03 WIB
Pekerja Suzuki Akan Nikmati Kerja Lima Hari Seminggu
Lebih dari 11 ribu pekerja Maruti Suzuki India Limited (MSIL), kecuali staf divisi produksi, akan bekerja lima hari dalam seminggu.

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki global mengklaim pencapaian produksi, penjualan dan ekspor yang meningkat sepanjang Januari hingga Juni 2023. Tercatat, selama semester pertama tahun ini, pabrikan berlambang huruf S ini, mengalami kenaikan produksi hingga 2 persen.

Dalam keterangan resmi yang dikirim ke meja redaksi Liputan6.com, Jumat (4/8/2023), peningkatan produksi ini juga merupakan kali ketiga dalam sejarah Suzuki.

Secara akumulatif, Suzuki di seluruh dunia berhasil memproduksi total 1.586.771 unit kendaraan baik di Jepang dan fasilitas produksi lainnya termasuk di Indonesia, India, dan Hungaria.

Sementara itu, dari segi data penjualan Suzuki Global selama Januari hingga Juni 2023, juga mengalami peningkatan signifikan sebesar 3,7 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Suzuki Global berhasil menjual hingga 1.522.159 unit kendaraan, termasuk kendaraan berdimensi mini, kecil, hingga sedang. peningkatan penjualan ini juga terjadi berturut-turut di periode yang sama selama 3 tahun terakhir.

Tidak hanya itu, untuk ekspor kendaraan CBU dan CKD dari fasilitas produksi yang berada di Jepang, Suzuki Global berhasil meningkatkan 2,1 persen dengan total 112.255 kendaraan yang diekspor ke beberapa daerah termasuk Eropa selama Januari hingga Juni 2023 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Biaya Kepemilikan Suzuki XL7 Hybrid Diklaim Hanya Rp 15 Ribuan per Hari

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim biaya kepemilikan untuk salah satu model terbarunya, yaitu new XL7 hybrid cukup terjangkau. Mobil yang sudah dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) ini hanya Rp Rp15.394,- per harinya (bagi transmisi otomatis/AT) dan Rp15.080,- per harinya (bagi transmisi manual/MT).

Perhitungan ini, selama konsumen memiliki new XL7 hybrid dalam waktu 5 tahun, yang dihitung dari biaya pajak tahunan dan biaya perawatan berkala.

Hariadi, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT SIS mengatakan, keseragaman gerak antara pemerintah dan pelaku industri menuju Indonesia yang lebih ramah lingkungan nampaknya semakin berbuah manis. Terbukti lewat respons positif masyarakat menyambut varian kendaraan hybrid yang beredar di pasar otomotif.

"Data Suzuki sendiri menunjukkan 64% permintaan unit XL7 menyasar tipe New XL7 Hybrid yang sudah diperlengkapi teknologi SHVS yang lebih ramah lingkungan dan efisien," jelas Hariadi, dalam keterangan resmi, Kamis (3/8/2023).

Secara detail, untuk perawatan berkala, Suzuki memberikan program free service bagi pelanggan New XL7 Hybrid hingga jarak tempuh 50.000 km.

Infografis Pencegahan dan Bahaya Mengintai Akibat Cuaca Panas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pencegahan dan Bahaya Mengintai Akibat Cuaca Panas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya