Permintaan Mobil Melonjak, Toyota Akan Bangun Pabrik Baru di India

Toyota Motor Jepang pada hari Selasa mengatakan bahwa mereka akan menginvestasikan hampir 400 juta dolar AS atau sekitar 6,2 triliun rupiah untuk mendirikan fasilitas manufaktur ketiga di India untuk memenuhi lonjakan permintaan kendaraannya.

oleh Andhika Naufal Satria diperbarui 23 Nov 2023, 11:01 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2023, 11:01 WIB
Pabrik Toyota
Proses produksi mobil Toyota di Karawang Plant 2 TMMIN, Kawasan Industri KIIC, Karawang, Jawa Barat. (Septian/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Motor Jepang pada hari Selasa mengatakan bahwa mereka akan menginvestasikan hampir 400 juta dolar AS atau sekitar 6,2 triliun rupiah untuk mendirikan fasilitas manufaktur ketiga di India untuk memenuhi lonjakan permintaan kendaraannya.

Dilansir Reuters, pabrik baru ini akan menciptakan 2.000 lapangan kerja baru dan memproduksi lebih dari 100.000 unit per tahun, akan meningkatkan kapasitas keseluruhan Toyota menjadi 410.000 unit per tahun.

Pabrik ini juga akan menjadi ekspansi kapasitas pertama produsen mobil terbesar di dunia dalam lebih dari satu dekade.

"Toyota terus mendapatkan respons yang sangat positif di pasar India," kata Masakazu Yoshimura, MD dan CEO unit lokal Toyota Kirloskar Motor.

Ekspansi ini menawarkan potensi untuk tumbuh lebih jauh dalam ekosistem pemasok, tambah Yoshimura.

Penjualan perusahaan di India telah melonjak karena kemitraan global dengan Suzuki Motor, di mana kedua produsen mobil Jepang ini mengambil beberapa kendaraan yang awalnya dikembangkan oleh mitra mereka di India, Maruti, kemudian mengubahnya dan menjualnya dengan merek mereka untuk mengisi jajaran produk mereka.

Sekitar dua pertiga dari kapasitas produksi Toyota saat ini digunakan oleh Maruti Suzuki untuk membuat kendaraan bagi kedua produsen mobil tersebut sebagai bagian dari kemitraan mereka.

Ekspansi ini dilakukan ketika Toyota menghadapi pertumbuhan yang lambat di pasar-pasar seperti Eropa dan Amerika Utara dan persaingan dari para pemain mobil Cina di Asia Tenggara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peduli Lingkungan, Toyota Siap Daur Ulang Baterai Mobil Hybrid Prius Generasi Pertama

Toyota memperluas kemitraannya dengan Redwood Materials, yang diumumkan tahun lalu, untuk menerima pasokan anoda dan katoda daur ulang untuk produksi mobil hybrid dan mobil listrik di Amerika Serikat.

Dilansir autoevolution, Toyota memulai debut Prius pada tahun 1997 dan terus memproduksi generasi pertama hingga tahun 2003. Saat ini, mobil-mobil tersebut pasti sudah berakhir di tempat penimbunan, rongsokan, atau masih berada di jalan jika pemilik merawatnya dengan baik. Namun, mendaur ulang baterai mereka selalu menjadi masalah.

Sekarang, Toyota telah menemukan solusi untuk baterai yang memberi daya pada mobil hybrid awal. Mereka akan mendapatkan kesempatan hidup baru di generasi mobil listrik dan hybrid yang akan datang.

Toyota menyuplai perusahaan daur ulang dengan mobil bertenaga baterai yang sudah habis masa pakainya. Mulai sekarang, produsen mobil ini juga akan memasok Cathode Active Material (CAM) dan kertas tembaga Anoda.

Ekosistem siklus hidup baterai yang diciptakan oleh Toyota dan Redwood yang berbasis di Nevada harus menargetkan daur ulang, pembuatan ulang, dan penggunaan kembali sekitar lima juta baterai, yang telah mencapai akhir masa pakainya.   

Infografis Ragam Tanggapan Pemangkasan Durasi Kampanye Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ragam Tanggapan Pemangkasan Durasi Kampanye Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya