Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Ganjar Pranowo Sampaikan Program Unggulan di NTB

Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyambangi Mataram, NTB untuk mendengar aspirasi dan menyampaikan program unggulan terkait para penyandang disabilitas di Hari Disabilitas Internasional 2023.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 03 Des 2023, 12:51 WIB
Diterbitkan 03 Des 2023, 11:02 WIB
Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyambangi Mataram, NTB untuk mendengar aspirasi dan menyampaikan program unggulan terkait para penyandang disabilitas di Hari Disabilitas Internasional 2023.
Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyambangi Mataram, NTB untuk mendengar aspirasi dan menyampaikan program unggulan terkait para penyandang disabilitas di Hari Disabilitas Internasional 2023. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo menginginkan disabilitas mendapatkan akses serupa dengan warga lainnya.

Hal itu diungkapkan Ganjar Pranowo dalam rangka memeringati Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang diperingati setiap 3 Desember.

"Dengan disabilitas mendapatkan akses serupa dengan masyarakat lainnya, sehingga sikap diskriminatif bisa dihilangkan dalam kehidupan bermasyarakat," ujar Ganjar Pranowo di Poonar Sport Centre, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Minggu (3/12/2023).

Guna memeringati Hari Disabilitas Internasional 2023 kali ini, Ganjar pun menyambangi Mataram, NTB untuk mendengar aspirasi dan menyampaikan program unggulan terkait para penyandang disabilitas.

"Hal itu sangat penting, karena untuk menjamin harapan agar dapat diwujudkan dalam pemerintahan mendatang," kata dia.

Menurutnya, berbagai program unggulan untuk mendukung teman-teman disabilitas diperlukan agar lebih berdaya dengan tersedianya akses pendidikan yang berkualitas bagi warga disabilitas melalui peningkatan sekolah inklusif, peningkatan kuantitas dan kualitas SLB, serta menyediakan beasiswa khusus bagi warga disabilitas.

Selain itu, kata Ganjar, program lainnya yang menjadi unggulan pasangan Ganjar-Mahfud Md yaitu terkait akses lapangan kerja dan UMKM yang inklusif.

"Pemberian insentif dan konsesi bagi perusahaan yang mempekerjakan penyandang disabilitas," ucap dia.

Ganjar menilai, akses kesejahteraan sosial yang juga menjadi program unggulan Ganjar-Mahfud Md, terutama terkait kesehatan yang menjadi harapan masyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyandang Disabilitas Senang dengan Kehadirian Ganjar

Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyambangi Mataram, NTB untuk mendengar aspirasi dan menyampaikan program unggulan terkait para penyandang disabilitas di Hari Disabilitas Internasional 2023.
Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyambangi Mataram, NTB untuk mendengar aspirasi dan menyampaikan program unggulan terkait para penyandang disabilitas di Hari Disabilitas Internasional 2023. (Ist)

Sementara itu, seorang penyandang disabilitas ragam tuna daksa bernama Zaenal Abidin mengaku senang dengan kehadiran Ganjar.

Pria dari Sembung, Narmada, Lombok Barat ini mengaku bahagia bisa dipertemukan langsung dengan sosok Ganjar Pranowo.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap semangat Zaenal dalam perjuangannya menjalani aktivitas sehari-hari, Ganjar memberikan kursi roda untuk Zaenal.

"Terus semangat menjalani aktivitas ya pak. Untuk memudahkan menjalani kegiatan, saya hadiahkan kursi roda untuk bapak, semoga bermanfaat ya pak," ucap Ganjar kepada Zaenal.

"Saya bersyukur dan berterima kasih, dengan sudah ada kursi roda ini. Kedepannya pasti lebih mudah aksesnya dengan adanya kursi roda ini. Semoga nanti akses jalannya juga lebih dipermudah. Karena kami saat ini untuk akses jalan yang kami lalui sulit," ujar Zaenal sambil menghampiri kursi roda pemberian Ganjar dan langsung menggunakannya.

Sontak, adanya pernyataan dari Zaenal itupun disambut oleh Ganjar.

"Nah ini pernyataan bagus, ini bagus untuk disampaikan, jadi nanti agar kedepannya teman-teman ini bisa lebih mudah, tolong pemerintah daerahnya, agar akses diberikan yang sama, untuk lebih mempermudah lagi," tutur Ganjar.

 


Kagum dengan Ganjar Pranowo

Dialog terbuka Muhammadiyah bersama Ganjar-Mahfud
Calon Presiden Ganjar Pranowo bersama Calon Wakil Presiden Mahfud MD di sela acara dialog terbuka bersama Muhammadiyah di Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (23/11/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kemudian, seorang pelukis bernama Mandra yang merupakan seorang disabilitas juga mengaku kagum dengan sosok Ganjar Pranowo. Ia hadir untuk memberikan hadiah berupa lukisan bergambarkan wajah dari Ganjar Pranowo.

Bertepatan Hari Disabilitas Internasional 2023, Ganjar Pranowo juga melakukan dialog langsung dengan para penyandang disabilitas se-Indonesia melalui perwakilan dari 38 provinsi. Komunikasi Ganjar Pranowo berlangsung melalui teleconference bersama teman-teman penyandang disabilitas.

Kegiatan diminggu pagi ini, Ganjar mengawali kegiatan melakukan olahraga pagi dan menyapa masyarakat di Car Free Day (CFD). Ribuan masyarakat terlihat antusias menyambut Capres nomor urut 3 tersebut.

Infografis Sederet Alasan PPP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Alasan PPP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya