Hanya Satu Pasang Calon, KPU Kulonprogo Perpanjang Pendaftaran

KPU Kulonprogo mengimbau agar partai yang belum mengusung jagoannya di Pilkada Kulonprogo untuk segera mendaftar.

oleh Yanuar H diperbarui 26 Sep 2016, 15:45 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2016, 15:45 WIB
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Liputan6.com, Kulonprogo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo akan membuka kembali pendaftaran calon bupati dan wakil bupati pada 28-30 September 2016. Sebab, sejak dibuka pendaftaran pada 21-23 September hanya ada satu pasang calon yang mendaftar, mereka adalah calon bupati petahana Hasto Wardoyo-Sutedjo.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kulonprogo, Panggih Widodo mengatakan pihaknya bersama KPU Yogyakarta dan panitia pengawas pemilu Kulonprogo menggelar rapat usai batas waktu pendaftaran ditutup pada 23 September pukul 00.00 WIB. Mereka sepakat pada 25-27 September KPU akan kembali melakukan sosialisasi.

"Tadi barusan kita undang partai-partai yang sudah mengusung atau yang belum mengusung," kata Panggih di Kulonprogro, Senin (26/9/2016).

Kemudian, pada tanggal 28-30 September KPU akan membuka kembali pendaftaran calon bupati dan wakil bupati. Menurut Panggih, apabila tidak ada paslon yang mendaftar lagi maka KPU Kulonprogo akan tetap melakukan seleksi admintratif paslon yang sudah mendaftar.

"Yaitu tes kesehatan, verifikasi administrasi seperti tahapan selanjutnya sampai nanti kemudian kita tetapkan apakah calon tersebut memenuhi syarat untuk dipilih atau tidak. Seperti tahap yang lain jadi verifikasi, tes kesehatan," ujar dia.

Namun, Panggih mengimbau agar partai yang belum mengusung jagoannya di Pilkada Kulonprogo untuk segera mendaftar.

"Kami mengharapkan partai yang belum mengusung segera mengusung," ujar Panggih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya