Ahok - Djarot Ajak Warga Kawal Pemungutan Suara via Aplikasi

Kawal Pilkada telah terbukti kredibel dalam menyiadkan akses publik untuk mengawal perhitungan suara secara langsung.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 25 Jan 2017, 18:35 WIB
Diterbitkan 25 Jan 2017, 18:35 WIB
Ahok-Djarot
Cagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersama Cawagub Djarot Saiful Hidayat bermain piano besama saat di acara penggalangan dana kampanye di Jakarta, Minggu (27/11). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI tinggal beberapa minggu lagi. Pasangan calon nomor urut dua Ahok-Djarot mengajak masyarakat agar mengawasi proses perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Melalui juru bicara tim pemenangannya, Ansy Lema, Ahok-Djarot mengajak masyarakat mengawal Pilkada DKI melalui aplikasi Kawal Pilkada. Menurut dia, ini sebagai salah satu bentuk perjuangan para relawan.

"Perjuangan selama kampanye tidak akan berarti jika kita tidak mengajak masyarakat untuk datang ke TPS dan mengawal hasil pemungutan suaranya. Karenanya, kami membutuhkan partisipasi masyarakat melalui aplikasi Kawal Pilkada," ucap Ansy di Posko Pemenangan BaDja, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2017).

Menurut dia, Kawal Pilkada telah terbukti kredibel dalam menyiadkan akses publik untuk mengawal perhitungan suara secara langsung. Sehingga, bisa dijadikan pegangan pada hari pencoblosan nanti.

Di tempat yang sama, salah satu perwakilan tim Kampanye Rakyat, salah satu relawan Ahok-Djarot, Junita Kartikasari, menyampaikan warga yang ingin berpatisipasi dalam Kawal Pilkada, bisa langsung melalui situs resmi ahokdjarot.co.id.

"Bisa masuk melalui website resmi kita. Isi form, kemudian bisa unduh aplikasi Kawal Pilkada melalui link tersedia," jelas Junita.

Sementara itu, perwakilan dari Kawal Pilkada, Jane Suryanto, menjelaskan alasan pihaknya bekerja sama dengan Ahok-Djarot. Salah satunya karena tim sukses dapat mudah mengawasi jalannya perhitungan suara.

"Jumlah pengguna smartphone di Jakarta meIebihi jumlah kebutuhan relawan kami, selain itu animo masyarakat untuk mengikuti proses kampanye dan pemilihan, tinggi, setidaknya di media sosial. Harapan kami adalah animo yang tinggi ini berlanjut sampai hari H dan semua tim sukses bersama menggunakan aplikasi Kawal Pilkada untuk mengawasi jalannya penghitungan suara," kata Jane.

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan Kawal Pilkada telah menyediakan aplikasi Kawal Pilkada yang dapat diunduh secara gratis di Apple App Store dan Google Play Store.

"Melalui aplikasi ini, para relawan bisa mengambil bukti foto hasil penghitungan suara dari setiap TPS dan menggunggah foto tersebut ke situs kawalpilkada.id. Selanjutnya, setiap data dan foto yang sudah masuk dapat dimonitor langsung di situs," pungkas Jane.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya