Pertemuan Sekjen Partai Koalisi Prabowo Tak Bahas Cawapres

Sekjen Partai Gerindra, PKS, PAN dan Demokrat melakukan pertemuan di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu 1 Agustus malam.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Agu 2018, 05:48 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2018, 05:48 WIB
Pertemuan Prabowo dan Petinggi PKS
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (tengah) didampingi Presiden PKS Sohibul dan Petinggi PKS usai pertemuan tertutup di kantor DPP PKS, Jakarta, Senin (30/07). Kedatangan Prabowo membahas Cawapres dan koalisi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Partai Gerindra, PKS, PAN dan Demokrat melakukan pertemuan di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu 1 Agustus malam.

Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan menyatakan, keempat partai membahas hal teknis jelang pendaftaran pilpres pada 4 - 10 Agustus mendatang.

"Belum bicara siapa cawapres karena kewenangan ketum untuk disampaikan ke majelis tinggi atau apapun namanya di masing masing parpol," kata Hinca usai pertemuan di lokasi.

Usai pertemuan, Demokrat nampaknya final mendukung Prabowo sebagai capres. Begitu pula, PAN dan PKS. Walaupun belum resmi, keempatnya pun sudah firm berkoalisi.

"Kalau keempatnya kumpul masa kau tanya. Kecuali ada yang gak datang, tapi ini keempatnya datang," ujar dia.

Untuk cawapres, Demokrat sudsh menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo. Langkah selanjutnya, empat partai ini akan melakukan pertemuan di level ketua umum. Namun jadwal pertemuan masih sulit ditentukan serta tiap parpol memiliki mekanisme tersendiri untuk final menentukan capres dan cawapres yang diusung.

"Cari tanggal, misalnya di Gerindra ada dewan pembina, kami (Demokrat) majelis tinggi, PAN harus ada rakernas sehingga harus ada mekanisme masing masing. Kami sesuaikan itu tapi yang pasti tanggal 10 udah selesai," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PAN Masih Ingin Zullkifli Capres

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan partainya masih mengikuti proses penjajakan politik pilpres.

"Sampai saat ini kami masih berbicara, kembali lagi berproses. Izinkan kami melaksanakan prosedur lebih lanjut lagi," kata Eddy usai pertemuan di kediaman Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Jalan Kemang V, Jakarta Selatan, Rabu 1 Agustus 2018.

PAN komitmen memegang amanat rapat kerja nasional (rakernas) yang sebelumnya di Bandung. Dimana dalam rakernas itu menginginkan Ketum PAN Zulkifli Hasan sebagai calon presiden

"PAN tetap akan mengusung Zulkifli Hasan untuk ikut berpartisipasi di Pilpres 2019," ucap Eddy.

Rencananya dukungan resmi capres 2019 PAN disampaikan pada Rakernas PAN yang dijadwalkan pada 6-7 Agustus mendatang. Meski demikian, partai berlambang matahari terbit ini secara chemistry lebih condong bersama gerbong Prabowo Subianto.

Reporter: Muhammad Genantan Putra

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya