Miliki Hubungan Dekat, Pengamat Politik Nilai PBNU Dukung Erick Thohir Jadi Cawapres di Pilpres 2024

Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi menilai, hubungan dekat mampu mendorong keterpilihan Menteri BUMN Erick Thohir di tengah warga NU atau Nahdliyin untuk maju menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 26 Jun 2023, 18:05 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2023, 18:05 WIB
Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi menilai, hubungan dekat mampu mendorong keterpilihan Menteri BUMN Erick Thohir di tengah warga NU atau Nahdliyin untuk maju menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.
Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi menilai, hubungan dekat mampu mendorong keterpilihan Menteri BUMN Erick Thohir di tengah warga NU atau Nahdliyin untuk maju menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir memang diketahui memiliki hubungan cukup dekat dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sebagai Anggota Kehormatan Banser.

Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi menilai, hubungan dekat itu mampu mendorong keterpilihan menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut di tengah warga NU atau Nahdliyin untuk maju menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

"Kedekatan dengan NU juga bisa menjadi faktor pendorong dukungan warga nahdliyin," kata Ade melalui keterangan tertulis, Senin (26/6/2023).

Seperti diketahui, kedekatan hubungan yang dimiliki oleh Erick Thohir sebagai kader PBNU tidak terjadi begitu saja. Namun, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau Ketum PSSI ini juga banyak berkontribusi dalam berbagai kegiatan acara NU maupun pemberdayaan Nahdliyin.

Peran Erick Thohir untuk salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia itu terbukti dengan dibangunnya 250 Badan Usaha Milik NU (BUMNU).

Di BUMNU, eks Presiden Inter Milan itu terlibat secara langsung menjadi penyambung lidah bersama pemerintah dan pihak-pihak lain yang terkait di luar NU.

Selain menjadi inisiator dari BUMNU, Erick Thohir juga selalu mengedepankan program-program pemberdayaan untuk masyarakat luas atau yang berada dalam cakupan NU. Seperti Santripreneur, Pesantrenpreneur, Pertashop khusus Pesantren dan Santri Makmur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Erick Thohir Dinilai Potensial

Erick Thohir Bagikan Tips Lolos Wawancara Kerja di BUMN: Akhir Sesi Jadi Kunci
Erick Thohir Bagikan Tips Lolos Wawancara Kerja di BUMN: Akhir Sesi Jadi Kunci.  foto: Tiktok @erick.thohir

Selain itu, kerja-kerja nyata yang Erick Thohir lakukan untuk para nahdliyin ini membuat figurnya semakin potensial untuk didorong menjadi cawapres.

Terlebih lagi, ia juga didapuk sebagai Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU di Sidoarjo, beberapa waktu lalu.

Melihat hal tersebut, Ade berpendapat jika peran Erick Thohir di NU terbukti membuat ia populer di kalangan nahdliyin.

Selain itu, posisi Erick Thohir yang saat ini belum terafiliasi dengan partai politik (parpol) manapun membuatnya bisa secara leluasa memperluas dukungan dan meningkatkan akseptabilitas di masyarakat.

"Posisi Erick Thohir yang bukan kader parpol membuatnya leluasa untuk memperluas dukungan dan meningkatkan akseptabilitas politiknya di berbagai segmen politik maupun pemilih," jelas Ade.

 


Sore Ini Erick Thohir Akan Temui Jokowi Bahas Piala Dunia U-17

Menteri BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara pembukaan BUMN Startup Day 2022 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (26/9/2022).
Menteri BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara pembukaan BUMN Startup Day 2022 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (26/9/2022).

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir akan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan gambaran tentang Piala Dunia U-17 yang disampaikan oleh FIFA.

"Besok saya baru rapat untuk pembentukan panitia U-17. Nanti insya Allah jam 16.30 Wib, saya dengan bapak presiden untuk menyampaikan beberapa requirement dari FIFA. Karena selama ini kan saya belum sampaikan secara publik nanti saya sampaikan ke bapak Presiden," kata Erick kepada wartawan, Senin (26/6/2023).

Setelah menemui Jokowi, Erick kembali melakukan pembicaraan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terkait dengan stadion yang akan digunakan dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

"Stadion mana yang perlu direnovasi tambahan sejalan dengan tentu dengan 22 stadium yang akan direnovasi oleh pemerintah. Sejalan juga dengan Var yang akan dilakukan oleh liga pada Februari tahun depan, tetapi trainingnya dimulai tahun ini. Jadi saya belum bisa jawab secara detail," ujarnya.

Infografis Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI Periode 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI Periode 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya